Tips  

Cara Mengubah Tanggal di Laptop

Cara Mengubah Tanggal di Laptop
Cara Mengubah Tanggal di Laptop

Salam hangat untuk Sobat TeknoPulsa! Masih bingung cara mengubah tanggal di laptop? Jangan khawatir, artikel ini akan membahasnya secara lengkap dan mudah dipahami.

1. Klik Tanggal dan Jam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik pada tanggal dan jam pada bagian kanan bawah layar laptop.

2. Klik “Ubah Pengaturan Tanggal dan Waktu”

Setelah itu, Sobat TeknoPulsa akan melihat opsi “Ubah Pengaturan Tanggal dan Waktu”. Klik opsi tersebut untuk masuk ke pengaturan tanggal dan waktu.

3. Klik “Ubah Tanggal dan Waktu”

Pada pengaturan tanggal dan waktu, Sobat TeknoPulsa akan melihat opsi “Ubah Tanggal dan Waktu”. Klik opsi tersebut untuk mengubah tanggal di laptop.

4. Pilih Tanggal dan Waktu yang Tepat

Setelah Sobat TeknoPulsa klik opsi “Ubah Tanggal dan Waktu”, pilihlah tanggal dan waktu yang tepat sesuai dengan zona waktu tempat Sobat TeknoPulsa berada.

5. Klik “Simpan”

Setelah memilih tanggal dan waktu yang tepat, jangan lupa klik “Simpan” untuk menyimpan pengaturan tanggal dan waktu baru di laptop Sobat TeknoPulsa.

6. Restart Laptop

Setelah melakukan perubahan pada pengaturan tanggal dan waktu, restartlah laptop untuk memastikan pengaturan baru sudah terupdate.

Baca Juga:   Cara Membuat Status di Instagram

7. Gunakan Command Prompt

Selain cara manual, Sobat TeknoPulsa juga bisa menggunakan Command Prompt untuk mengubah tanggal di laptop. Buka Command Prompt dengan cara tekan tombol “Windows” + “R” dan ketik “cmd”.

8. Ketik “Date” di Command Prompt

Setelah masuk ke Command Prompt, ketiklah perintah “date” untuk melihat tanggal yang sedang berjalan di laptop.

9. Ketik “Date (mm-dd-yy)”

Untuk mengubah tanggal di laptop melalui Command Prompt, Sobat TeknoPulsa bisa mengetik perintah “date (mm-dd-yy)” dengan format bulan-hari-tahun yang diinginkan.

10. Restart Laptop

Setelah mengubah tanggal melalui Command Prompt, jangan lupa restart laptop untuk memastikan pengaturan baru sudah terupdate.

11. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain cara manual dan menggunakan Command Prompt, Sobat TeknoPulsa juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Atomic Clock Sync” atau “NetTime” untuk mengubah tanggal di laptop.

12. Download dan Install Aplikasi

Download dan install aplikasi pilihan Sobat TeknoPulsa untuk mengubah tanggal di laptop.

13. Buka Aplikasi

Setelah melakukan instalasi, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang ada untuk mengubah tanggal di laptop.

14. Restart Laptop

Setelah mengubah tanggal melalui aplikasi pihak ketiga, jangan lupa restart laptop untuk memastikan pengaturan baru sudah terupdate.

15. Perhatikan Zona Waktu

Saat mengubah tanggal di laptop, perhatikanlah zona waktu yang digunakan untuk menghindari adanya perbedaan waktu yang signifikan.

16. Periksa Tanggal Secara Berkala

Sebagai pengguna laptop, Sobat TeknoPulsa perlu memeriksa tanggal secara berkala untuk memastikan waktu dan tanggal yang ditampilkan di laptop selalu tepat.

17. Jangan Ubah Tanggal Sembarangan

Ubahlah tanggal di laptop hanya saat benar-benar diperlukan untuk menghindari terjadinya kesalahan pada pengaturan waktu dan tanggal.

Baca Juga:   Cara Memindahkan Video dari Laptop ke HP

18. Perhatikan Tanggal Penting

Perhatikanlah tanggal penting seperti tanggal deadline tugas atau ulang tahun teman dekat agar tidak terlewatkan.

19. Gunakan Sumber Daya Online

Jika masih bingung dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengaturan tanggal di laptop, Sobat TeknoPulsa bisa mencari sumber daya online seperti tutorial atau forum diskusi.

20. Kesimpulan

Itulah cara mengubah tanggal di laptop dengan mudah dan lengkap. Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan cara manual, Command Prompt, aplikasi pihak ketiga, atau sumber daya online untuk mengubah tanggal di laptop. Namun, jangan lupa perhatikan zona waktu dan jangan mengubah tanggal sembarangan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *