Tips  

Cara Mengunci Keyboard Laptop

Cara Mengunci Keyboard Laptop
Cara Mengunci Keyboard Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu pernah mengalami masalah ketika mengetik di laptop dan tiba-tiba jari-jarimu menyentuh tombol yang salah? Atau mungkin kamu sedang menonton film di laptop dan ingin mengunci keyboard agar tidak terganggu oleh tombol yang tidak sengaja ditekan? Tenang saja, kali ini TeknoPulsa akan memberikan tips tentang cara mengunci keyboard laptop.

1. Menggunakan Tombol Khusus pada Keyboard

Beberapa laptop memiliki tombol khusus yang dapat digunakan untuk mengunci keyboard. Biasanya tombol ini memiliki gambar kunci di atasnya. Cukup tekan tombol tersebut, dan keyboard akan terkunci. Untuk membuka kembali keyboard, tekan tombol tersebut lagi.

2. Menggunakan Program Pihak Ketiga

Jika laptopmu tidak memiliki tombol khusus untuk mengunci keyboard, kamu dapat menggunakan program pihak ketiga. Ada banyak program yang dapat kamu gunakan, seperti Keyboard Locker, Toddler Keys, dan lain sebagainya. Setelah program diinstal, kamu dapat mengunci keyboard dengan mudah.

3. Menggunakan Kombinasi Tombol pada Keyboard

Jika kamu tidak ingin menginstal program pihak ketiga, kamu dapat menggunakan kombinasi tombol pada keyboard untuk mengunci keyboard. Caranya cukup mudah, cukup tekan tombol Windows + L secara bersamaan, dan keyboard akan terkunci. Untuk membuka kembali keyboard, tekan tombol yang sama lagi.

Baca Juga:   Cara Melihat Email Instagram Orang Lain

4. Menggunakan Pengaturan pada Windows

Untuk kamu yang menggunakan Windows, kamu dapat mengunci keyboard dengan menggunakan pengaturan pada Windows. Caranya cukup mudah, buka menu Start dan pilih Settings. Selanjutnya, pilih Accounts dan pilih Sign-in options. Di sini, kamu akan menemukan opsi untuk mengunci keyboard.

5. Menggunakan Pengaturan pada Mac

Bagi pengguna Mac, kamu dapat mengunci keyboard dengan menggunakan pengaturan pada Mac. Caranya cukup mudah, buka System Preferences dan pilih Security & Privacy. Selanjutnya, pilih tab General dan centang opsi “Require password immediately after sleep or screensaver begins”. Dengan cara ini, keyboard akan terkunci setiap kali laptop masuk ke mode sleep atau screensaver.

6. Menggunakan Shortcut pada Keyboard

Banyak aplikasi modern yang menyediakan shortcut pada keyboard untuk mengunci keyboard. Misalnya, Microsoft Word memiliki shortcut Ctrl + Alt + F1. Kamu dapat mencari shortcut yang disediakan oleh aplikasi yang kamu gunakan.

7. Menggunakan Software Parental Control

Software Parental Control biasanya digunakan untuk mengontrol akses anak-anak ke laptop. Namun, software ini juga dapat digunakan untuk mengunci keyboard. Caranya cukup mudah, instal software Parental Control pada laptopmu dan aktifkan opsi untuk mengunci keyboard.

8. Menggunakan Keyboard External

Jika kamu tidak ingin menggunakan keyboard laptop, kamu dapat menggunakan keyboard external. Dengan menggunakan keyboard external, kamu dapat mengunci keyboard laptop dan tetap dapat mengetik menggunakan keyboard external.

9. Menggunakan Setting BIOS

Jika kamu memiliki pengetahuan tentang setting BIOS, kamu dapat mengunci keyboard dengan mengubah setting pada BIOS. Caranya cukup mudah, masuk ke BIOS dan cari opsi untuk mengunci keyboard.

10. Menggunakan Aplikasi Third Party

Ada banyak aplikasi Third Party yang dapat digunakan untuk mengunci keyboard laptop. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan antara lain, Kid-Key-Lock, Keyboard Locker, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Cara Melihat Akun Instagram yang di Privat

11. Menggunakan Kunci Fisik

Jika kamu ingin mengunci keyboard secara fisik, kamu dapat menggunakan kunci fisik. Kunci fisik ini biasanya terdiri dari tali yang terbuat dari kabel logam yang kuat dan dilengkapi dengan gembok. Caranya cukup mudah, pasang kunci fisik pada laptopmu dan kunci gemboknya.

12. Menggunakan Password pada BIOS

Kamu juga dapat mengunci keyboard dengan menggunakan password pada BIOS. Caranya cukup mudah, masuk ke BIOS dan cari opsi untuk mengatur password pada keyboard. Kamu dapat mengatur password yang hanya kamu yang tahu untuk membuka keyboard.

13. Menggunakan Fitur Lock Desktop

Beberapa laptop memiliki fitur Lock Desktop yang memungkinkan kamu untuk mengunci keyboard dan mouse. Fitur ini biasanya ada pada laptop yang digunakan untuk presentasi atau untuk menampilkan konten pada layar besar. Untuk menggunakannya, kamu cukup tekan tombol Windows + L secara bersamaan.

14. Menggunakan Fitur Windows Hello

Windows Hello adalah fitur keamanan pada Windows 10 yang memungkinkan kamu untuk membuka laptop menggunakan wajah, sidik jari, atau PIN. Namun, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengunci keyboard. Caranya cukup mudah, buka Settings dan pilih Accounts. Selanjutnya, pilih Sign-in options dan aktifkan opsi “Require Windows Hello sign-in for Microsoft accounts”.

15. Menggunakan Fitur FingerPrint pada Laptop

Jika laptopmu memiliki fitur FingerPrint, kamu dapat mengunci keyboard dengan menggunakan fitur ini. Caranya cukup mudah, aktifkan fitur FingerPrint pada laptopmu dan setel pengaturannya agar dapat mengunci keyboard.

16. Menggunakan Fitur Screen Saver

Untuk kamu yang ingin mengunci keyboard secara otomatis, kamu dapat menggunakan fitur Screen Saver. Caranya cukup mudah, buka Settings dan pilih Personalization. Selanjutnya, pilih Lock screen dan aktifkan opsi “On resume, display logon screen”. Dengan cara ini, keyboard akan terkunci setiap kali laptop masuk ke mode Screen Saver.

Baca Juga:   Cara Mematikan Laptop Lewat Keyboard dengan Mudah

17. Menggunakan Fitur Windows Security

Windows Security adalah fitur keamanan pada Windows yang dapat kamu gunakan untuk mengunci keyboard. Caranya cukup mudah, buka Settings dan pilih Update & Security. Selanjutnya, pilih Windows Security dan aktifkan opsi “Block keyboard and mouse while the screen is locked”.

18. Menggunakan Fitur BitLocker

BitLocker adalah fitur keamanan pada Windows yang dapat kamu gunakan untuk mengunci seluruh hard drive pada laptop. Namun, kamu juga dapat menggunakan fitur ini untuk mengunci keyboard. Caranya cukup mudah, buka Control Panel dan pilih BitLocker Drive Encryption. Selanjutnya, pilih Change how drive is unlocked and aktifkan opsi “Use a password to unlock the drive”.

19. Menggunakan Fitur Virtual Keyboard

Jika kamu tidak ingin menggunakan keyboard laptop, kamu dapat menggunakan fitur Virtual Keyboard. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetik menggunakan mouse atau touchpad. Cara menggunakannya cukup mudah, buka Start Menu dan cari Virtual Keyboard.

20. Menggunakan Kunci Fisik USB

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan kunci fisik USB untuk mengunci keyboard. Kunci fisik USB ini biasanya terdiri dari USB yang dilengkapi dengan tombol kunci. Caranya cukup mudah, pasang kunci fisik USB pada laptopmu dan tekan tombol kunci untuk mengunci keyboard. Untuk membuka kembali keyboard, tekan tombol yang sama lagi.

Kesimpulan

Itulah 20 cara mengunci keyboard laptop yang dapat kamu gunakan. Dari cara yang sederhana hingga cara yang lebih kompleks, kamu dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan mengunci keyboard, kamu dapat mencegah kesalahan ketika mengetik atau mengganggu tampilan saat menonton film. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *