Tips  

Cara Mengurangi Kecerahan pada Laptop

Cara Mengurangi Kecerahan pada Laptop
Cara Mengurangi Kecerahan pada Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa! Kecerahan layar laptop memang bisa memberikan pengaruh yang besar pada mata kita. Saat kecerahan terlalu tinggi, mata kita akan cepat lelah dan terganggu. Nah, pada kesempatan kali ini, TeknoPulsa akan memberikan beberapa tips untuk mengurangi kecerahan pada laptop. Yuk, simak tipsnya!

1. Sesuaikan Kecerahan Layar

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyesuaikan kecerahan layar. Kita bisa menyesuaikan kecerahan layar dengan mudah melalui tombol pada keyboard. Biasanya, tombol tersebut berada di sebelah kanan atas pada keyboard. Namun, jika laptop Sobat tidak memiliki tombol tersebut, maka bisa dilakukan melalui menu setting pada laptop.

2. Gunakan Aplikasi untuk Mengatur Kecerahan

Jika cara pertama tidak efektif, Sobat bisa menggunakan aplikasi untuk mengatur kecerahan layar. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah f.lux. Aplikasi ini bisa mengatur kecerahan secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengurangi cahaya biru yang bisa menyebabkan mata cepat lelah.

3. Gunakan Filter pada Layar

Sobat juga bisa menggunakan filter pada layar laptop. Filter ini akan membantu mengurangi kecerahan layar dan juga cahaya biru. Filter ini bisa dibeli di toko komputer atau online shop.

4. Menggunakan Backlight Keyboard

Backlight keyboard bisa membantu Sobat untuk mengetik pada kondisi minim cahaya. Dengan menggunakan backlight keyboard, Sobat tidak perlu menambahkan kecerahan layar laptop sehingga mata tidak cepat lelah.

Baca Juga:   Cara Melihat History Aplikasi yang Sudah Dihapus di Android

5. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Jika Sobat sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama, maka bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata anti radiasi. Kacamata ini bisa membantu mengurangi cahaya biru dan radiasi yang bisa mengganggu kesehatan mata.

6. Posisikan Laptop dengan Baik

Posisi laptop yang tidak baik bisa membuat kecerahan layar terlihat lebih tinggi. Oleh karena itu, pastikan Sobat meletakkan laptop pada posisi yang tepat, terutama saat menggunakan laptop dalam waktu yang lama.

7. Gunakan Lampu Meja

Jika Sobat sering menggunakan laptop di ruangan yang minim cahaya, maka bisa menggunakan lampu meja. Dengan menggunakan lampu meja, Sobat tidak perlu menambahkan kecerahan layar laptop sehingga mata tidak cepat lelah.

8. Kurangi Waktu Menggunakan Laptop

Terakhir, jika cara-cara di atas tidak efektif, Sobat bisa mempertimbangkan untuk mengurangi waktu menggunakan laptop. Terlalu banyak waktu menggunakan laptop bisa membuat mata cepat lelah dan terganggu.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips untuk mengurangi kecerahan pada laptop. Dengan mengikuti tips di atas, Sobat bisa mengurangi kecerahan layar dan juga menghindari gangguan pada mata. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata Sobat dengan cara yang tepat. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *