Tips  

Cara Menurunkan Cahaya Laptop Asus

Cara Menurunkan Cahaya Laptop Asus
Cara Menurunkan Cahaya Laptop Asus

Halo Sobat TeknoPulsa! Pernahkah kamu merasa terganggu dengan tingkat kecerahan layar laptop Asus yang terlalu terang? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Masalah ini seringkali terjadi pada pengguna laptop Asus, terutama saat menggunakan laptop pada malam hari atau di tempat yang kurang terang. Beberapa pengguna bahkan mengalami sakit kepala dan mata lelah akibat kecerahan layar yang berlebihan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mudah untuk menurunkan kecerahan layar laptop Asus. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Menggunakan Fungsi Brightness pada Keyboard

Salah satu cara paling mudah untuk menurunkan kecerahan layar laptop Asus adalah dengan menggunakan fungsi brightness pada keyboard. Biasanya, tombol ini terletak di bagian atas keyboard dan memiliki ikon matahari kecil. Tekan tombol tersebut untuk menurunkan kecerahan layar hingga sesuai dengan keinginanmu.

2. Menggunakan Fitur “Night Light”

Laptop Asus memiliki fitur “Night Light” yang dapat membantu menurunkan kecerahan layar secara otomatis saat malam hari. Fitur ini akan mengubah warna layar menjadi lebih hangat dan mengurangi cahaya biru yang dapat menyebabkan gangguan tidur. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan Windows 10.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu ingin lebih banyak opsi untuk mengatur kecerahan layar, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti F.lux atau Redshift. Aplikasi ini dapat menyesuaikan kecerahan layar laptop Asus secara otomatis berdasarkan waktu dan lokasi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Baca Juga:   Cara Memasang Keyboard Laptop yang Lepas

4. Menonaktifkan Lampu Latar

Laptop Asus biasanya dilengkapi dengan lampu latar atau backlight keyboard yang dapat menambah kecerahan layar. Jika kamu ingin menurunkan kecerahan layar lebih lanjut, kamu dapat menonaktifkan lampu latar pada keyboard. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol Fn + F4 pada keyboard untuk menonaktifkan lampu latar.

5. Mengatur Brightness melalui Pengaturan Windows 10

Windows 10 juga memiliki pengaturan kecerahan layar yang dapat membantu kamu menyesuaikan kecerahan layar laptop Asus. Kamu dapat mengakses pengaturan ini melalui Start Menu > Settings > System > Display. Di sini, kamu akan menemukan opsi untuk mengatur kecerahan layar dan juga opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur “Night Light”.

6. Membersihkan Layar

Ketika layar laptop Asus terlalu kotor atau terdapat sidik jari, cahaya dari layar akan tercermin dan membuat layar terlihat lebih terang dari seharusnya. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan layar secara berkala dengan kain microfiber untuk mengurangi kecerahan layar yang berlebihan.

7. Menggunakan Tampilan yang Lebih Gelap

Tampilan yang lebih gelap dapat membantu mengurangi kecerahan layar laptop Asus. Kamu dapat mengatur tampilan yang lebih gelap pada aplikasi yang kamu gunakan, seperti browser web atau aplikasi pengolah kata. Beberapa aplikasi juga memiliki opsi untuk mengaktifkan tampilan yang lebih gelap secara otomatis saat malam hari.

8. Menggunakan Screen Filter

Jika kamu ingin menurunkan kecerahan layar laptop Asus secara drastis, kamu dapat menggunakan screen filter. Screen filter adalah filter yang dipasang di atas layar laptop untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata. Kamu dapat membeli screen filter di toko komputer atau toko online.

9. Mengubah Resolusi Layar

Kamu juga dapat menurunkan kecerahan layar laptop Asus dengan mengubah resolusi layar. Semakin tinggi resolusi layar, semakin terang layar akan terlihat. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi resolusi layar jika kamu mengalami masalah dengan kecerahan layar yang terlalu tinggi.

Baca Juga:   Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet Tanpa Aplikasi

10. Mengubah Pengaturan Kontras

Terakhir, kamu juga dapat mengubah pengaturan kontras layar laptop Asus untuk menurunkan kecerahan layar. Kamu dapat mengakses pengaturan kontras melalui pengaturan Windows 10 atau melalui aplikasi pihak ketiga seperti NVIDIA Control Panel atau Intel Graphics Control Panel.

Kesimpulan

Menurunkan kecerahan layar laptop Asus dapat membuat pengalaman menggunakan laptop menjadi lebih nyaman, terutama saat digunakan pada malam hari atau di tempat yang kurang terang. Kamu dapat mencoba berbagai cara di atas untuk menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *