Tips  

Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Lenovo

Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Lenovo
Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Lenovo

Sobat TeknoPulsa, Halo! Apakah kamu sering bekerja di malam hari dengan laptop Lenovo? Mungkin kamu pernah merasa kesulitan ketika mengetik di kondisi minim cahaya. Jangan khawatir, pada artikel kali ini kita akan membahas cara menyalakan lampu pada keyboard laptop Lenovo dengan mudah. Yuk, simak selengkapnya!

1. Cek Tipe Keyboard

Sebelum memulai, pastikan terlebih dahulu tipe keyboard yang ada pada laptop Lenovo kamu. Sebagian besar laptop Lenovo dilengkapi dengan tombol Fn (function) yang terletak di sebelah kiri bawah keyboard. Tombol ini biasanya digunakan untuk mengaktifkan fitur tambahan pada keyboard.

2. Cari Tombol Fungsi

Setelah mengetahui tipe keyboard, cari tombol fungsi pada keyboard Lenovo kamu. Tombol ini biasanya memiliki simbol lampu atau ikon yang menandakan fungsi pengaturan lampu keyboard.

3. Tekan Tombol Fn

Untuk mengaktifkan lampu pada keyboard Lenovo, pertama-tama tekan dan tahan tombol Fn. Jangan lepaskan tombol ini terlebih dahulu.

4. Tekan Tombol Fungsi

Selanjutnya, tekan tombol fungsi yang biasanya bertanda lampu atau ikon lampu keyboard. Biasanya, tombol ini terletak pada tombol F5, F6, atau F7. Namun, bisa berbeda tergantung pada tipe laptop Lenovo yang kamu miliki.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Microphone Laptop

5. Setel Kecerahan Lampu

Setelah menekan tombol fungsi, kamu akan melihat bahwa lampu pada keyboard Lenovo sudah menyala. Namun, kamu juga bisa mengatur kecerahan lampu keyboard sesuai dengan keinginan. Caranya, tekan tombol fungsi lagi dan pilih opsi kecerahan yang diinginkan.

6. Matikan Lampu Keyboard

Jika kamu sudah selesai menggunakan lampu keyboard, kamu juga bisa mematikannya dengan mudah. Caranya, tekan tombol Fn dan tombol fungsi yang digunakan sebelumnya. Lampu keyboard akan mati dan kembali ke kondisi semula.

7. Atur Lampu Keyboard Secara Otomatis

Selain mengatur lampu keyboard secara manual, kamu juga bisa mengatur lampu keyboard secara otomatis. Caranya, buka pengaturan keyboard pada laptop Lenovo kamu. Pilih opsi “Lighting” atau “Backlight” dan atur sesuai dengan keinginan.

8. Aktifkan Mode Gaming

Jika kamu suka bermain game di laptop Lenovo, kamu juga bisa mengaktifkan mode gaming yang biasanya sudah disediakan. Mode gaming akan mengaktifkan lampu keyboard secara otomatis dan membuat pengalaman bermain game kamu lebih seru.

9. Periksa Driver Keyboard

Jika kamu mengalami masalah dengan lampu keyboard pada laptop Lenovo, periksa terlebih dahulu driver keyboard yang ada. Pastikan driver keyboard sudah terinstal dengan baik dan update ke versi terbaru.

10. Restart Laptop

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun lampu keyboard masih tidak menyala, coba restart laptop Lenovo kamu. Kadang-kadang, masalah pada lampu keyboard bisa diatasi dengan cara sederhana seperti restart laptop.

11. Bersihkan Keyboard

Jika lampu keyboard masih tidak menyala setelah restart, cek apakah ada kotoran atau debu yang menempel pada keyboard. Bersihkan keyboard dengan lap kering atau kuas yang lembut.

12. Periksa Kabel

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun lampu keyboard masih tidak menyala, cek apakah kabel keyboard sudah terhubung dengan baik. Pastikan kabel keyboard tidak kendor atau rusak.

Baca Juga:   Cara Mengunci Aplikasi Hp Vivo

13. Periksa Setting BIOS

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun lampu keyboard masih tidak menyala, cek pengaturan BIOS pada laptop Lenovo kamu. Pastikan pengaturan keyboard sudah benar dan tidak ada masalah pada setting BIOS.

14. Cek dengan Ahli Servis

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun lampu keyboard masih tidak menyala, mungkin ada masalah yang lebih serius pada hardware laptop Lenovo kamu. Cek dengan ahli servis terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

15. Pilih Keyboard dengan Backlight

Jika kamu sering menggunakan laptop Lenovo di kondisi minim cahaya, mungkin pilihan terbaik adalah membeli laptop dengan keyboard yang dilengkapi dengan backlight. Dengan keyboard backlight, kamu bisa mengetik dengan nyaman tanpa khawatir kesulitan melihat tombol keyboard.

16. Gunakan Lampu Tambahan

Selain menggunakan lampu keyboard, kamu juga bisa menggunakan lampu tambahan sebagai alternatif. Lampu tambahan bisa diletakkan di sebelah laptop Lenovo dan memberikan cahaya yang cukup untuk mengetik.

17. Gunakan Aplikasi Tambahan

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun lampu keyboard masih tidak menyala, kamu juga bisa mencoba menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu mengatur lampu keyboard pada laptop Lenovo kamu.

18. Gunakan Stiker Keyboard

Jika kamu masih kesulitan mengetik di kondisi minim cahaya, kamu juga bisa menggunakan stiker keyboard. Stiker keyboard biasanya memiliki tulisan yang terang dan bisa membantu kamu mengetik tanpa kesulitan.

19. Pertimbangkan Waktu Penggunaan

Terakhir, pertimbangkan juga waktu penggunaan laptop Lenovo kamu. Jangan terlalu sering menggunakan laptop di kondisi minim cahaya untuk menghindari masalah pada mata. Usahakan untuk mengetik di tempat yang cukup terang.

Baca Juga:   Cara Update APK Zoom di Laptop

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menyalakan lampu pada keyboard laptop Lenovo dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi keyboard dan menjaga kebersihan laptop Lenovo kamu agar tetap awet dan tahan lama. Sampai jumpa lagi di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *