Tips  

Cara Menyalakan Laptop dengan Keyboard

Cara Menyalakan Laptop dengan Keyboard
Cara Menyalakan Laptop dengan Keyboard

Salam hangat untuk Sobat TeknoPulsa yang setia membaca artikel kami. Kali ini, kami akan membahas tentang cara menyalakan laptop dengan keyboard yang bisa memudahkan Sobat TeknoPulsa dalam menghidupkan laptop. Bagi Sobat yang sering menggunakan laptop, pasti sudah tidak asing lagi dengan cara menyalakan laptop menggunakan tombol power yang berada di samping laptop. Namun, tahukah Sobat bahwa laptop juga bisa dihidupkan menggunakan keyboard? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

1. Cek Konfigurasi Laptop

Sebelum Sobat TeknoPulsa mencoba cara ini, pastikan terlebih dahulu bahwa laptop Sobat mendukung fitur ini. Beberapa laptop memiliki konfigurasi yang berbeda-beda, sehingga mungkin tidak semua laptop bisa dihidupkan menggunakan keyboard. Untuk mengeceknya, Sobat bisa membuka pengaturan laptop dan mencari opsi “power management”. Jika terdapat opsi “turn on by keyboard” atau sejenisnya, itu artinya laptop Sobat mendukung fitur ini.

2. Aktifkan Fitur Keyboard Power

Setelah mengecek konfigurasi laptop, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur keyboard power. Caranya, Sobat TeknoPulsa bisa membuka pengaturan laptop dan mencari opsi “power management”. Kemudian, cari opsi “keyboard power on” atau sejenisnya dan aktifkan fitur tersebut.

3. Tentukan Tombol yang Digunakan

Setelah fitur keyboard power aktif, Sobat TeknoPulsa bisa menentukan tombol mana yang akan digunakan untuk menghidupkan laptop. Biasanya, tombol yang digunakan adalah tombol “enter” atau tombol “space”. Namun, Sobat bisa menentukan tombol yang lain sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:   Cara Jualan Followers Instagram

4. Tekan Tombol yang Ditentukan

Setelah menentukan tombol yang akan digunakan, Sobat TeknoPulsa bisa langsung menekan tombol tersebut untuk menghidupkan laptop. Pastikan laptop dalam keadaan tertutup atau sleep mode saat menekan tombol tersebut.

5. Kelebihan Menggunakan Keyboard Power

Menggunakan keyboard power memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah memudahkan Sobat TeknoPulsa dalam menghidupkan laptop tanpa harus membuka penutup laptop terlebih dahulu. Selain itu, fitur ini juga bisa menghemat baterai laptop karena Sobat tidak perlu membuka penutup laptop yang bisa menghabiskan daya baterai.

6. Kekurangan Menggunakan Keyboard Power

Meski memiliki beberapa kelebihan, menggunakan keyboard power juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah jika Sobat TeknoPulsa tidak mematikan laptop dengan benar, bisa terjadi kerusakan pada sistem operasi atau komponen hardware laptop.

7. Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Tidak hanya untuk menyalakan laptop, Sobat TeknoPulsa juga bisa mematikan laptop menggunakan keyboard. Caranya, Sobat bisa menekan tombol “alt” dan “f4” secara bersamaan. Kemudian, pilih opsi “shutdown” atau “turn off” untuk mematikan laptop.

8. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur keyboard power bawaan laptop, Sobat TeknoPulsa juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyalakan laptop menggunakan keyboard. Beberapa aplikasi yang bisa Sobat gunakan adalah “PowerOn”, “AutoHotkey”, atau “Wake On LAN”.

9. Cara Menyalakan Laptop dengan Wake on LAN

Wake on LAN adalah fitur yang memungkinkan Sobat TeknoPulsa untuk menghidupkan laptop dari jarak jauh menggunakan jaringan internet. Caranya, Sobat harus mengaktifkan fitur Wake on LAN di laptop dan menginstall aplikasi Wake on LAN di smartphone atau komputer lain. Kemudian, Sobat bisa menghidupkan laptop dengan mengirimkan sinyal ke laptop melalui aplikasi Wake on LAN.

Baca Juga:   Cara Cek IP Laptop

10. Cara Menyalakan Laptop dengan Alexa

Jika Sobat TeknoPulsa memiliki speaker pintar Alexa, Sobat bisa menghidupkan laptop dengan menggunakan suara. Caranya, Sobat harus mengaktifkan fitur Wake on LAN di laptop dan menghubungkan laptop dengan speaker pintar Alexa. Kemudian, Sobat bisa mengatakan “Alexa, turn on laptop” untuk menghidupkan laptop.

11. Cara Mengatasi Masalah Keyboard Power Tidak Bekerja

Jika Sobat TeknoPulsa mengalami masalah keyboard power tidak berfungsi, Sobat bisa mencoba beberapa cara berikut:- Pastikan fitur keyboard power sudah aktif di pengaturan laptop.- Cek konfigurasi laptop untuk memastikan laptop mendukung fitur keyboard power.- Periksa koneksi keyboard dengan laptop untuk memastikan tidak ada masalah pada kabel atau port keyboard.- Restart laptop untuk memperbaiki masalah pada sistem operasi.

12. Kesimpulan

Demikianlah cara menyalakan laptop dengan keyboard yang bisa Sobat TeknoPulsa coba. Fitur keyboard power memudahkan Sobat dalam menghidupkan laptop tanpa harus membuka penutup laptop terlebih dahulu. Selain itu, Sobat juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Wake on LAN atau menggunakan speaker pintar Alexa untuk menghidupkan laptop. Namun, Sobat harus tetap berhati-hati dalam menggunakan fitur ini agar tidak merusak sistem operasi atau komponen hardware laptop.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel TeknoPulsa Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *