Tips  

Cara Menyalakan Laptop Lenovo Tanpa Tombol Power

Cara Menyalakan Laptop Lenovo Tanpa Tombol Power
Cara Menyalakan Laptop Lenovo Tanpa Tombol Power

Halo Sobat TeknoPulsa, apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara menyalakan laptop Lenovo tanpa menggunakan tombol power. Mungkin ada beberapa dari kita yang pernah mengalami masalah laptop yang tidak bisa dinyalakan karena tombol power rusak atau tidak berfungsi. Jangan khawatir, dengan beberapa trik sederhana, kamu masih bisa menyalakan laptop Lenovo tanpa tombol power. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Menggunakan Tombol Assist

Laptop Lenovo memiliki tombol assist yang berada di samping tombol power. Tombol assist ini berfungsi untuk membantu masuk ke menu recovery atau BIOS. Namun, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menyalakan laptop. Caranya, cukup tekan tombol assist selama beberapa detik hingga laptop menyala. Kemudian, pilih opsi “Start Windows Normally” untuk masuk ke menu Windows.

2. Menggunakan Tombol Novo

Selain tombol assist, laptop Lenovo juga dilengkapi dengan tombol novo. Tombol ini biasanya terletak di samping tombol power atau di bagian belakang laptop. Tombol novo berfungsi untuk masuk ke menu recovery atau BIOS. Namun, kamu juga bisa menggunakannya untuk menyalakan laptop. Caranya, matikan laptop terlebih dahulu. Kemudian, tekan tombol novo selama beberapa detik hingga laptop menyala. Pilih opsi “Start Windows Normally” untuk masuk ke menu Windows.

3. Menggunakan Charger Laptop

Jika kedua tombol di atas tidak berhasil, kamu masih bisa mencoba cara yang satu ini. Caranya, sambungkan charger laptop ke laptop yang mati. Kemudian, biarkan laptop dalam keadaan terhubung dengan charger selama beberapa menit. Setelah itu, coba hidupkan laptop dengan menekan tombol power. Biasanya, laptop akan menyala dengan sendirinya setelah beberapa menit terhubung dengan charger.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Akun Instagram yang Dibatasi

4. Membuka Casing Laptop

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara yang sedikit lebih ekstrim yaitu membuka casing laptop. Namun, cara ini tidak disarankan jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang hardware laptop. Caranya, buka casing laptop dengan hati-hati. Kemudian, cari kabel power yang menghubungkan tombol power dengan motherboard laptop. Lepaskan kabel tersebut dan hubungkan kembali dengan menggunakan obeng atau pinset. Setelah itu, pasang kembali casing laptop dan hidupkan laptop dengan menekan tombol power.

5. Membawa ke Service Center

Jika semua cara di atas tidak berhasil, mungkin masalahnya lebih serius dan membutuhkan penanganan dari teknisi yang ahli. Bawa laptop kamu ke service center resmi Lenovo untuk diperbaiki. Jangan mencoba memperbaikinya sendiri jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang hardware laptop. Hal ini bisa berakibat fatal dan merusak laptop kamu.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika tombol power pada laptop Lenovo tidak berfungsi. Namun, cara-cara tersebut sebaiknya hanya dilakukan jika kamu memiliki pengetahuan yang cukup tentang hardware laptop. Jika tidak, sebaiknya bawa laptop kamu ke service center resmi Lenovo untuk diperbaiki. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik berikutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *