Tips  

Cara Menyalin Tulisan di Laptop

Cara Menyalin Tulisan di Laptop
Cara Menyalin Tulisan di Laptop

Halo, Sobat TeknoPulsa! Kali ini kita akan membahas tentang cara menyalin tulisan di laptop. Bagi kamu yang sering bekerja dengan dokumen atau tugas kuliah, kemampuan menyalin tulisan sangatlah penting. Tapi bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Gunakan Shortcut Keyboard

Salah satu cara paling mudah untuk menyalin tulisan di laptop adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol ‘Ctrl’ dan ‘C’ secara bersamaan untuk menyalin tulisan, kemudian tekan tombol ‘Ctrl’ dan ‘V’ secara bersamaan untuk menempelkan tulisan yang telah disalin tadi.

2. Menggunakan Menu Copy dan Paste

Jika kamu tidak terbiasa menggunakan shortcut keyboard, kamu bisa menggunakan menu copy dan paste yang tersedia di program aplikasi seperti Microsoft Word atau Google Docs. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengklik tulisan yang ingin disalin, kemudian klik menu ‘Copy’ atau tekan tombol ‘Ctrl’ dan ‘C’ secara bersamaan. Setelah itu, klik tempat tujuan yang ingin ditempelkan tulisan tersebut, kemudian klik menu ‘Paste’ atau tekan tombol ‘Ctrl’ dan ‘V’ secara bersamaan.

Baca Juga:   Cara Mencari Lagu di Instagram

3. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Jika kamu sering menyalin tulisan dalam jumlah yang banyak, kamu bisa menggunakan software pihak ketiga seperti Clipboard Master atau Ditto. Software ini akan membantu kamu untuk menyimpan sejarah copy dan paste, sehingga kamu bisa menempelkan tulisan sesuai dengan urutan yang diinginkan.

4. Menggunakan Fitur Drag and Drop

Fitur drag and drop juga bisa kamu gunakan untuk menyalin tulisan di laptop. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memilih tulisan yang ingin disalin, kemudian seret tulisan tersebut ke tempat tujuan yang diinginkan dan lepaskan.

5. Menggunakan Fitur Share

Untuk kamu yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, kamu bisa menggunakan fitur share untuk menyalin tulisan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memilih tulisan yang ingin disalin, kemudian klik kanan dan pilih menu ‘Share’. Setelah itu, pilih aplikasi atau tempat tujuan yang diinginkan.

6. Menggunakan Fitur Screenshot

Jika kamu ingin menyalin tulisan yang tidak bisa dipilih atau di-copy, kamu bisa menggunakan fitur screenshot. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol ‘Windows’ dan ‘PrtSc’ secara bersamaan untuk mengambil screenshot layar laptop. Setelah itu, buka aplikasi pengolah gambar seperti Microsoft Paint atau Photoshop, kemudian tempelkan screenshot yang telah diambil tadi dan crop tulisan yang ingin disalin.

7. Menggunakan Fitur OCR

Jika kamu ingin menyalin tulisan dari gambar atau dokumen PDF, kamu bisa menggunakan fitur OCR atau Optical Character Recognition. Fitur ini akan membantu kamu untuk mengenali tulisan dari gambar atau dokumen PDF, sehingga kamu bisa menyalinnya dengan mudah. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Acrobat atau Google Drive untuk menggunakan fitur OCR.

8. Memperhatikan Hak Cipta

Saat menyalin tulisan di laptop, kamu harus memperhatikan hak cipta dari tulisan tersebut. Jangan menyalin tulisan tanpa izin atau tanpa mencantumkan sumbernya. Hal ini bisa menimbulkan masalah hukum dan merugikan orang lain.

Baca Juga:   Cara Menyimpan Video dari TikTok

9. Memastikan Format Tulisan

Saat menyalin tulisan, kamu harus memastikan format tulisan tersebut sama seperti aslinya. Jangan sampai format tulisan rusak atau berubah karena kesalahan saat menyalin. Hal ini bisa mengganggu tampilan dokumen atau membuat tulisan sulit dibaca.

10. Mengedit Tulisan yang Disalin

Jika kamu ingin mengedit tulisan yang telah disalin, kamu bisa menggunakan fitur ‘Paste Special’ yang tersedia di program aplikasi seperti Microsoft Word atau Google Docs. Caranya cukup mudah, yaitu dengan klik menu ‘Paste Special’, kemudian pilih opsi ‘Unformatted Text’ atau ‘Keep Text Only’ untuk memastikan format tulisan tidak berubah.

11. Menyalin Tulisan dari Website

Untuk menyalin tulisan dari website, kamu bisa menggunakan shortcut keyboard ‘Ctrl’ dan ‘A’ untuk memilih seluruh tulisan di halaman website, kemudian gunakan shortcut keyboard ‘Ctrl’ dan ‘C’ untuk menyalin tulisan tersebut. Setelah itu, buka program aplikasi seperti Microsoft Word atau Google Docs, kemudian gunakan shortcut keyboard ‘Ctrl’ dan ‘V’ untuk menempelkan tulisan tersebut.

12. Menyalin Tulisan dari PDF

Untuk menyalin tulisan dari dokumen PDF, kamu bisa menggunakan shortcut keyboard ‘Ctrl’ dan ‘A’ untuk memilih seluruh tulisan di dokumen PDF, kemudian gunakan shortcut keyboard ‘Ctrl’ dan ‘C’ untuk menyalin tulisan tersebut. Setelah itu, buka program aplikasi seperti Microsoft Word atau Google Docs, kemudian gunakan shortcut keyboard ‘Ctrl’ dan ‘V’ untuk menempelkan tulisan tersebut.

13. Menyalin Tulisan dari Gambar

Untuk menyalin tulisan dari gambar, kamu bisa menggunakan fitur OCR atau Optical Character Recognition seperti yang telah dibahas sebelumnya.

14. Menyalin Tulisan di Laptop Mac

Untuk menyalin tulisan di laptop Mac, kamu bisa menggunakan shortcut keyboard ‘Command’ dan ‘C’ untuk menyalin tulisan, kemudian gunakan shortcut keyboard ‘Command’ dan ‘V’ untuk menempelkan tulisan tersebut.

Baca Juga:   Cara Menyembunyikan Highlight Instagram

15. Menyalin Tulisan di Laptop Linux

Untuk menyalin tulisan di laptop Linux, kamu bisa menggunakan shortcut keyboard ‘Ctrl’ dan ‘C’ untuk menyalin tulisan, kemudian gunakan shortcut keyboard ‘Ctrl’ dan ‘V’ untuk menempelkan tulisan tersebut.

16. Menggunakan Mouse dengan Dua Tombol

Untuk menyalin tulisan dengan mouse yang memiliki dua tombol, kamu bisa menggunakan tombol ‘Ctrl’ dan tombol kiri untuk menyalin tulisan, kemudian gunakan tombol ‘Ctrl’ dan tombol kanan untuk menempelkan tulisan tersebut.

17. Menggunakan Mouse dengan Tiga Tombol

Untuk menyalin tulisan dengan mouse yang memiliki tiga tombol, kamu bisa menggunakan tombol tengah untuk menempelkan tulisan yang telah disalin.

18. Menggunakan Touchpad

Untuk menyalin tulisan dengan touchpad, kamu bisa menggunakan gesture ‘two-finger tap’ untuk menyalin tulisan, kemudian menggunakan gesture ‘two-finger tap’ lagi untuk menempelkan tulisan tersebut.

19. Menggunakan Aplikasi Clipboard Manager

Untuk memudahkan kamu dalam menyalin dan menempelkan tulisan, kamu bisa menggunakan aplikasi Clipboard Manager seperti ClipAngel atau Ditto. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk menyimpan sejarah copy dan paste, sehingga kamu bisa menempelkan tulisan sesuai dengan urutan yang diinginkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyalin tulisan di laptop. Semua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk memperhatikan hak cipta dan format tulisan saat menyalin tulisan. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *