Tips  

Cara Menyatukan Video Tanpa Aplikasi

Cara Menyatukan Video Tanpa Aplikasi
Cara Menyatukan Video Tanpa Aplikasi

Halo Sobat TeknoPulsa, apakah kamu sering merekam video menggunakan smartphone atau kamera digital? Kalau iya, pasti kamu pernah merasa kesulitan ketika ingin menyatukan beberapa video menjadi satu file. Biasanya, untuk menyatukan video, kita memerlukan aplikasi khusus yang bisa menggabungkan beberapa file video. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada cara menyatukan video tanpa aplikasi? Yuk, simak artikel berikut ini!

Pertama, Siapkan Video yang Akan Disatukan

Sebelum kamu bisa menyatukan beberapa video menjadi satu file, pastikan kamu sudah menyiapkan semua video yang ingin disatukan. Pastikan video tersebut memiliki format yang sama. Misalnya, semua video memiliki resolusi yang sama atau format file yang sama.

Gabungkan Video Menggunakan Windows Movie Maker

Jika kamu menggunakan laptop atau PC dengan sistem operasi Windows, kamu bisa menggunakan Windows Movie Maker untuk menyatukan beberapa video menjadi satu file. Kamu bisa membuka software tersebut, kemudian klik tombol “Add videos and photos” untuk menambahkan video yang ingin disatukan. Setelah itu, kamu bisa mengatur urutan video dan menambahkan efek transisi jika diinginkan. Terakhir, klik tombol “Save movie” untuk menyimpan video hasil gabungan tersebut.

Gunakan Aplikasi Online

Jika kamu tidak ingin menggunakan software desktop, kamu bisa menggunakan aplikasi online seperti Kapwing atau Clideo. Kamu hanya perlu mengakses situs tersebut, lalu upload video yang ingin disatukan. Setelah video berhasil diupload, kamu bisa mengatur urutan video dan menambahkan efek transisi. Terakhir, klik tombol “Create” untuk menyimpan video hasil gabungan tersebut.

Baca Juga:   Cara Memunculkan Ikon Wifi di Laptop

Gunakan Aplikasi di Smartphone

Jika kamu lebih suka menggunakan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti InShot atau VideoShow. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut, lalu upload video yang ingin disatukan. Setelah itu, kamu bisa mengatur urutan video dan menambahkan efek transisi. Terakhir, klik tombol “Save” atau “Export” untuk menyimpan video hasil gabungan tersebut.

Gunakan Command Prompt

Jika kamu lebih suka menggunakan command prompt, kamu bisa menyatukan beberapa video menggunakan perintah copy di Windows. Pertama, buat folder kosong di tempat yang kamu inginkan. Kemudian, buka command prompt dan masuk ke direktori tempat video yang ingin disatukan berada. Setelah itu, ketik perintah “copy /b video1.mp4 + video2.mp4 + video3.mp4 hasilgabungan.mp4” (tanpa tanda kutip). Ganti “video1.mp4”, “video2.mp4”, dan “video3.mp4” dengan nama file video yang ingin disatukan, dan “hasilgabungan.mp4” dengan nama file gabungan yang kamu inginkan.

Gunakan VLC Media Player

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan VLC Media Player untuk menyatukan beberapa video menjadi satu file. Kamu hanya perlu membuka aplikasi tersebut, lalu klik tombol “Media” dan pilih “Convert/Save”. Setelah itu, klik tombol “Add” untuk menambahkan video yang ingin disatukan. Setelah semua video berhasil diupload, klik tombol “Convert/Save” untuk memulai proses penggabungan. Terakhir, pilih format file dan lokasi penyimpanan untuk menyimpan video hasil gabungan tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menyatukan video tanpa aplikasi yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan ukuran file video hasil gabungan agar tidak terlalu besar dan memakan banyak ruang penyimpanan. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Baca Juga:   Cara Mengetahui Email Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *