Tips  

Cara Meredupkan Cahaya Laptop

Cara Meredupkan Cahaya Laptop
Cara Meredupkan Cahaya Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa, kali ini kita akan membahas mengenai cara meredupkan cahaya laptop. Saat bekerja atau menonton film di malam hari, cahaya laptop yang terlalu terang dapat mengganggu mata dan mengganggu tidur kita. Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara untuk meredupkan cahaya laptop agar bisa bekerja atau menonton dengan lebih nyaman. Simaklah tips-tips berikut ini!

1. Mengurangi Brightness

Cara pertama yang bisa Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan mengurangi brightness atau kecerahan pada layar laptop. Biasanya, brightness default pada laptop terlalu tinggi dan ini bisa menyebabkan mata cepat lelah. Untuk mengurangi brightness, Sobat TeknoPulsa bisa menekan tombol F1 atau F2 pada keyboard laptop, atau bisa juga melalui menu setting pada laptop.

2. Menggunakan Night Mode

Jika Sobat TeknoPulsa masih merasa cahaya laptop terlalu terang meski sudah dikurangi brightness-nya, Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan fitur Night Mode. Fitur ini akan mengurangi cahaya biru pada layar laptop sehingga lebih nyaman untuk mata. Fitur Night Mode bisa Sobat TeknoPulsa temukan pada menu setting laptop atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi khusus.

3. Menggunakan Screen Filter

Jika Sobat TeknoPulsa masih merasa belum nyaman meski sudah menggunakan Night Mode, Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan screen filter. Screen filter adalah sebuah aplikasi atau software yang dapat meredupkan cahaya pada layar laptop. Sobat TeknoPulsa bisa mencari aplikasi screen filter di internet dan mengunduhnya sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:   Cara Pesan Barang di TikTok

4. Memperbaiki Pencahayaan

Selain melakukan pengaturan pada laptop, Sobat TeknoPulsa juga bisa memperbaiki pencahayaan pada ruangan. Jika terlalu terang, Sobat TeknoPulsa bisa mematikan beberapa lampu atau menambahkan gorden yang tebal pada jendela. Dengan memperbaiki pencahayaan pada ruangan, Sobat TeknoPulsa bisa mengurangi cahaya yang memantul pada layar laptop.

5. Merubah Warna Latar Belakang

Warna latar belakang pada laptop juga bisa mempengaruhi kenyamanan mata. Jika Sobat TeknoPulsa merasa warna putih terlalu terang, Sobat TeknoPulsa bisa mengubahnya dengan warna abu-abu atau hijau muda. Dengan mengubah warna latar belakang, Sobat TeknoPulsa bisa mengurangi cahaya yang terlalu terang pada layar laptop.

6. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Jika Sobat TeknoPulsa masih merasa tidak nyaman meski sudah melakukan semua tips diatas, Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan kacamata anti radiasi. Kacamata ini akan melindungi mata dari sinar radiasi yang dikeluarkan oleh layar laptop. Sobat TeknoPulsa bisa membeli kacamata ini di toko-toko kacamata terdekat atau di online shop.

7. Menggunakan Laptop Stand

Laptop stand atau penyangga laptop juga bisa membantu mengurangi cahaya pada layar laptop. Dengan menggunakan laptop stand, layar laptop akan berada pada posisi yang lebih rendah dari mata sehingga cahaya yang keluar dari layar tidak terlalu terang dan mengganggu mata kita.

8. Mengatur Kontras

Selain mengatur brightness, Sobat TeknoPulsa juga bisa mengatur kontras pada layar laptop. Kontras adalah perbandingan antara cahaya dan gelap pada layar laptop. Jika kontras terlalu tinggi, cahaya pada layar akan terlalu terang dan mengganggu mata kita. Sobat TeknoPulsa bisa mengurangi kontras pada menu setting laptop.

9. Menyalakan Lampu Tidur

Jika Sobat TeknoPulsa masih merasa tidak nyaman meski sudah melakukan semua tips diatas, Sobat TeknoPulsa bisa menyalakan lampu tidur. Lampu tidur akan memberikan cahaya yang lembut dan tidak terlalu terang pada ruangan sehingga mata tidak terganggu. Sobat TeknoPulsa bisa memilih lampu tidur dengan warna yang sesuai dengan selera.

Baca Juga:   Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Lenovo

10. Menghilangkan Lampu LED

Jika Sobat TeknoPulsa menggunakan laptop dengan lampu LED yang terlalu terang, Sobat TeknoPulsa bisa mematikannya. Lampu LED biasanya berada pada tombol power atau pada bagian atas layar laptop. Dengan mematikan lampu LED, Sobat TeknoPulsa bisa mengurangi cahaya yang terlalu terang pada layar laptop.

11. Menggunakan Aplikasi F.lux

F.lux adalah sebuah aplikasi yang dapat meredupkan cahaya pada layar laptop. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengubah warna layar sesuai dengan waktu. Misalnya, saat pagi hari warna layar akan lebih terang, sedangkan saat malam hari warna layar akan lebih redup. Sobat TeknoPulsa bisa mengunduh aplikasi F.lux secara gratis di internet.

12. Menggunakan Lampu Belajar

Lampu belajar adalah sebuah lampu yang dirancang khusus untuk membantu belajar. Lampu ini memberikan cahaya yang lembut dan tidak terlalu terang sehingga mata tidak terganggu. Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan lampu belajar saat bekerja atau menonton film di malam hari.

13. Menggunakan Lampu Meja

Jika Sobat TeknoPulsa merasa lampu tidur terlalu lembut, Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan lampu meja. Lampu meja memberikan cahaya yang lebih terang namun tidak terlalu terang sehingga mata tidak terganggu. Sobat TeknoPulsa bisa memilih lampu meja dengan desain yang sesuai dengan selera.

14. Mengubah Teks Warna Hitam ke Putih

Beberapa aplikasi seperti Microsoft Office atau Adobe Reader memiliki fitur yang memungkinkan Sobat TeknoPulsa mengubah warna teks dari hitam ke putih. Dengan mengubah warna teks, Sobat TeknoPulsa bisa mengurangi cahaya yang terlalu terang pada layar laptop.

15. Menggunakan Laptop Hood

Laptop hood adalah sebuah aksesori yang dirancang khusus untuk mengurangi cahaya pada layar laptop. Hood ini akan menutupi layar laptop sehingga cahaya yang keluar dari layar tidak terlalu terang dan mengganggu mata kita. Sobat TeknoPulsa bisa membeli laptop hood di toko-toko elektronik terdekat atau di online shop.

Baca Juga:   Cara Mengganti Nama Bluetooth di Laptop

16. Menggunakan Laptop Sleeve Berwarna Gelap

Jika Sobat TeknoPulsa tidak ingin menggunakan laptop hood, Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan laptop sleeve berwarna gelap. Warna gelap pada laptop sleeve akan menyerap cahaya yang keluar dari layar sehingga mata kita tidak terganggu. Selain itu, laptop sleeve juga berfungsi untuk melindungi laptop dari goresan atau benturan.

17. Menggunakan Film Redup

Film redup adalah sebuah aksesori yang ditempelkan pada layar laptop untuk mengurangi cahaya yang terlalu terang. Film ini juga bisa melindungi layar laptop dari goresan atau debu. Sobat TeknoPulsa bisa membeli film redup di toko-toko elektronik terdekat atau di online shop.

18. Menambahkan Filter pada Lampu

Jika Sobat TeknoPulsa masih merasa pencahayaan pada ruangan terlalu terang, Sobat TeknoPulsa bisa menambahkan filter pada lampu. Filter ini akan memperbaiki pencahayaan pada ruangan sehingga mata tidak terganggu. Sobat TeknoPulsa bisa membeli filter pada toko-toko elektronik terdekat atau di online shop.

19. Mengatur Jarak Antara Mata dan Layar

Jarak antara mata dan layar juga dapat mempengaruhi kenyamanan mata. Jika jarak terlalu dekat, mata akan cepat lelah. Sebaliknya, jika jarak terlalu jauh, mata akan kesulitan membaca atau melihat layar. Sobat TeknoPulsa harus menentukan jarak yang tepat antara mata dan layar agar mata tidak terganggu.

20. Mengurangi Penggunaan Laptop

Jika semua tips diatas masih belum bisa membuat mata Sobat TeknoPulsa nyaman, Sobat TeknoPulsa bisa mengurangi penggunaan laptop. Terlalu sering menggunakan laptop dapat menyebabkan mata cepat lelah dan mengganggu tidur kita. Sobat TeknoPulsa bisa melakukan aktivitas lain seperti membaca buku atau tidur.

Kesimpulan

Demikianlah 20 tips cara meredupkan cahaya laptop yang bisa Sobat TeknoPulsa praktikkan agar bisa bekerja atau menonton dengan lebih nyaman. Sobat TeknoPulsa harus memilih tips yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa yang menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *