Tips  

Cara Merekam Layar Samsung Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar Samsung Tanpa Aplikasi
Cara Merekam Layar Samsung Tanpa Aplikasi

Halo Sobat TeknoPulsa, kali ini kita akan membahas tentang cara merekam layar Samsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Merekam layar merupakan salah satu fitur yang sangat berguna untuk merekam aktivitas di layar smartphone. Dengan merekam layar, kamu bisa merekam tutorial, game, atau bahkan video call yang ingin kamu simpan. Namun, sayangnya tidak semua smartphone memiliki fitur ini secara bawaan. Oleh karena itu, kita akan membahas cara merekam layar Samsung tanpa aplikasi tambahan.

1. Menggunakan Fitur Bawaan Samsung

Fitur bawaan Samsung yang bernama Game Launcher memiliki fitur perekam layar yang cukup lengkap. Fitur ini dapat merekam suara, video, dan bahkan kamu juga bisa merekam wajahmu sekaligus. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membuka Game Launcher, lalu pilih game yang ingin kamu rekam. Setelah itu, tekan tombol rekam pada Game Launcher dan mulai merekam layar kamu. Jangan lupa untuk mengatur kualitas rekaman yang kamu inginkan.

2. Menggunakan Tombol Power dan Volume Down

Cara merekam layar Samsung tanpa aplikasi tambahan yang kedua adalah dengan menggunakan tombol power dan volume down. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, kamu akan mendengar suara shutter dan layar kamu akan terlihat seperti terpotong. Ini menandakan bahwa kamu sedang merekam layar. Untuk menghentikan rekaman, kamu bisa menekan tombol power lagi.

3. Menggunakan Layar Perekam

Fitur perekam layar juga tersedia pada Samsung Galaxy S10 dan S20 series. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa masuk ke pengaturan, lalu pilih advanced features. Setelah itu, pilih screen recorder. Kamu bisa mengatur kualitas rekaman, suara, dan bahkan kamera depan apabila kamu ingin merekam wajahmu sekaligus. Setelah itu, kamu bisa langsung merekam layar dengan menekan tombol perekam yang tersedia pada layar kamu. Untuk menghentikan rekaman, kamu bisa menekan tombol yang sama.

Baca Juga:   Cara Instal Aplikasi PPG 2022

4. Menggunakan Bixby Voice

Bixby Voice merupakan asisten virtual yang terdapat pada smartphone Samsung. Selain membantu kamu dalam menjalankan beberapa aplikasi, Bixby juga dapat digunakan untuk merekam layar. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengatakan “Hi Bixby, record my screen”. Setelah itu, Bixby akan memulai rekaman layar kamu. Untuk menghentikan rekaman, kamu bisa mengatakan “Hi Bixby, stop recording”.

5. Menggunakan Smart Select

Smart Select merupakan fitur yang ada pada Samsung Galaxy Note series. Fitur ini dapat digunakan untuk merekam layar dengan mudah. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka fitur Smart Select, lalu pilih opsi “Record screen”. Kamu bisa mengatur kualitas rekaman, suara, dan bahkan kamera depan. Setelah itu, kamu bisa langsung merekam layar dengan menekan tombol perekam yang tersedia pada layar kamu. Untuk menghentikan rekaman, kamu bisa menekan tombol yang sama.

Kesimpulan

Nah, itulah 5 cara merekam layar Samsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Semua cara di atas cukup mudah dilakukan dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Namun, beberapa fitur di atas mungkin tidak tersedia pada semua smartphone Samsung. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah cek terlebih dahulu apakah smartphone kamu mendukung fitur-fitur di atas. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *