Tips  

Cara Potong Video di Laptop untuk Pemula

Cara Potong Video di Laptop untuk Pemula
Cara Potong Video di Laptop untuk Pemula

Halo Sobat TeknoPulsa!

Kamu pasti pernah bertanya-tanya bagaimana cara potong video di laptop, bukan? Mungkin kamu ingin mengedit video liburan kamu agar lebih menarik atau membuat video presentasi untuk tugas kuliah. Tapi jangan khawatir, potong video di laptop itu mudah kok. Bahkan, kamu hanya membutuhkan aplikasi editing video gratis yang bisa kamu unduh secara online. Yuk, simak cara potong video di laptop untuk pemula berikut ini!

Langkah Pertama: Unduh Aplikasi Editing Video Gratis

Sebelum mulai potong video di laptop, kamu perlu mengunduh aplikasi editing video terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi gratis yang bisa kamu pilih seperti OpenShot, Shotcut, dan VSDC Free Video Editor. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui website resminya atau melalui situs unduh aplikasi seperti Softonic atau CNET.

Langkah Kedua: Buka Aplikasi Editing Video

Setelah kamu mengunduh aplikasi editing video, langkah selanjutnya adalah membukanya. Kamu bisa mencari shortcut aplikasi tersebut di desktop kamu atau mencarinya melalui menu start. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan siap untuk mulai potong video di laptop.

Langkah Ketiga: Import Video yang Akan Dipotong

Setelah membuka aplikasi editing video, kamu perlu mengimport video yang akan kamu potong. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik tombol import atau drag and drop video ke timeline aplikasi. Pastikan video yang kamu impor berformat MP4 atau AVI, karena format tersebut biasanya kompatibel dengan aplikasi editing video.

Baca Juga:   Cara Mengganti Foto Profil di Instagram

Langkah Keempat: Potong Video di Timeline

Sekarang kamu sudah siap untuk mulai potong video di laptop. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menandai bagian video yang ingin kamu potong dengan menggunakan tombol split pada timeline aplikasi. Setelah itu, kamu bisa memilih bagian video yang ingin kamu hapus dan menghapusnya dengan menggunakan tombol delete pada keyboard.

Langkah Kelima: Sambungkan Bagian Video yang Sudah Dipotong

Setelah kamu memotong bagian video yang tidak kamu inginkan, kamu perlu menyambungkan bagian video yang sudah kamu potong. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menempatkan bagian video yang sudah kamu potong di timeline aplikasi dengan urutan yang benar.

Langkah Keenam: Edit Video dengan Efek dan Transisi

Selain memotong video, kamu juga bisa mengedit video dengan efek dan transisi agar lebih menarik. Aplikasi editing video biasanya menyediakan banyak efek dan transisi yang bisa kamu gunakan. Kamu hanya perlu memilih efek atau transisi yang kamu inginkan dan menempatkannya di timeline aplikasi.

Langkah Ketujuh: Simpan Video yang Sudah Diedit

Setelah kamu selesai mengedit video, kamu perlu menyimpannya agar bisa diputar atau diunggah ke media sosial. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik tombol export atau save pada aplikasi editing video dan memilih format dan resolusi video yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara potong video di laptop untuk pemula. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa memotong dan mengedit video sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Selamat mencoba!

Sampai Jumpa Kembali di Artikel TeknoPulsa Menarik Lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *