Tips  

Cara Screenshot Laptop Windows 11

Cara Screenshot Laptop Windows 11
Cara Screenshot Laptop Windows 11

Salam hangat untuk Sobat TeknoPulsa! Kali ini kita akan membahas mengenai cara screenshot laptop dengan sistem operasi Windows 11. Screenshot adalah fitur yang sangat berguna untuk menangkap tampilan layar laptop kita, entah itu untuk keperluan pekerjaan atau hanya sekadar ingin menyimpan gambar tertentu. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan untuk mengambil screenshot pada laptop Windows 11.

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Cara pertama yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol Print Screen atau PrtSc pada keyboard, maka tampilan layar laptop akan disimpan dalam bentuk gambar pada clipboard. Setelah itu, Sobat TeknoPulsa dapat melakukan paste gambar tersebut pada aplikasi seperti Paint atau Word dengan menekan tombol Ctrl + V.

2. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Cara kedua yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan tombol Windows + Print Screen pada keyboard. Dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, maka layar laptop akan langsung disimpan dalam bentuk gambar pada folder Screenshots di dalam folder Pictures. Sobat TeknoPulsa dapat membuka folder tersebut untuk melihat gambar screenshot yang baru saja diambil.

3. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Cara ketiga yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan tombol Alt + Print Screen pada keyboard. Dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, maka hanya jendela aplikasi yang aktif yang akan disimpan dalam bentuk gambar pada clipboard. Setelah itu, Sobat TeknoPulsa dapat melakukan paste gambar tersebut pada aplikasi seperti Paint atau Word dengan menekan tombol Ctrl + V.

Baca Juga:   Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Y20

4. Menggunakan Fitur Screenshot di Windows 11

Cara keempat yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan fitur screenshot bawaan pada Windows 11. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol Windows + Shift + S pada keyboard, maka tampilan layar laptop akan disorot dan muncul pilihan untuk mengambil screenshot dengan bentuk yang berbeda. Sobat TeknoPulsa dapat memilih bentuk screenshot yang diinginkan, lalu gambar tersebut akan disimpan pada clipboard.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kelima yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenshot, Lightshot, atau Snagit. Aplikasi tersebut dapat Sobat TeknoPulsa download dan instal pada laptop, kemudian dapat digunakan untuk mengambil screenshot dengan berbagai macam fitur tambahan yang tidak disediakan pada fitur bawaan Windows.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan untuk mengambil screenshot pada laptop dengan sistem operasi Windows 11. Sobat TeknoPulsa dapat memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat TeknoPulsa dalam menangkap tampilan layar laptop. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *