Tips  

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 7

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 7
Cara Uninstall Aplikasi di Windows 7

Halo Sobat TeknoPulsa, kali ini kita akan membahas tentang cara uninstall aplikasi di Windows 7. Kadang-kadang, kita perlu menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi atau ingin menghapus aplikasi yang tidak cocok dengan sistem komputer kita. Nah, untuk itu kita perlu tahu cara uninstall aplikasi di Windows 7. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Control Panel

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan Control Panel. Caranya, klik menu Start, lalu pilih Control Panel. Setelah itu, pilih Programs and Features. Kemudian, cari aplikasi yang ingin dihapus dan klik Uninstall. Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga proses uninstall selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Uninstaller

Selain menggunakan Control Panel, kita juga bisa menggunakan aplikasi uninstaller. Ada banyak aplikasi uninstaller yang bisa kita gunakan, seperti Revo Uninstaller, IObit Uninstaller, dan sebagainya. Caranya, download dan install aplikasi uninstaller yang kita inginkan. Kemudian, jalankan aplikasi tersebut dan cari aplikasi yang ingin dihapus. Klik Uninstall dan ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga proses uninstall selesai.

3. Menghapus Aplikasi dari Start Menu

Jika kita ingin menghapus aplikasi yang sering kita gunakan dari Start Menu, kita bisa melakukan langkah-langkah berikut. Pertama, klik menu Start, lalu cari aplikasi yang ingin dihapus. Klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Uninstall. Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga proses uninstall selesai.

4. Menghapus Aplikasi dengan Menggunakan Command Prompt

Jika kita ingin menghapus aplikasi dengan menggunakan Command Prompt, kita bisa melakukan langkah-langkah berikut. Pertama, buka Command Prompt dengan cara klik menu Start, lalu ketikkan cmd pada kolom Search. Setelah itu, klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator. Kemudian, ketikkan perintah berikut: “wmic” dan tekan Enter. Setelah itu, ketikkan “product get name” dan tekan Enter. Akan muncul daftar aplikasi yang terpasang di komputer kita. Cari aplikasi yang ingin dihapus dan catat ProductName-nya. Kemudian, ketikkan perintah “product where name=”Nama Aplikasi” call uninstall” dan tekan Enter. Ganti “Nama Aplikasi” dengan ProductName yang kita catat tadi. Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga proses uninstall selesai.

Baca Juga:   Cara Hapus Postingan Tiktok

5. Menghapus Aplikasi dengan Menggunakan Registry Editor

Jika kita ingin menghapus aplikasi dengan menggunakan Registry Editor, kita bisa melakukan langkah-langkah berikut. Pertama, buka Registry Editor dengan cara klik menu Start, lalu ketikkan regedit pada kolom Search. Setelah itu, klik kanan pada Registry Editor dan pilih Run as administrator. Kemudian, cari key registry berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall. Cari key registry yang terkait dengan aplikasi yang ingin dihapus dan hapus key tersebut. Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga proses uninstall selesai.

Kesimpulan

Sekarang, Sobat TeknoPulsa sudah tahu cara uninstall aplikasi di Windows 7, mulai dari menggunakan Control Panel, aplikasi uninstaller, Start Menu, Command Prompt, hingga Registry Editor. Pilihlah cara yang paling mudah dan nyaman bagi kita. Selalu pastikan untuk memperhatikan aplikasi mana yang ingin dihapus agar tidak terjadi kesalahan saat proses uninstall. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *