Perbedaan Grup dan Komunitas WhatsApp Walau Terlihat Mirip

Perbedaan Grup dan Komunitas WhatsApp

teknopulsa.com – Beberapa waktu lalu whatsapp kembali meluncurkan fitur terbaru yang diberi nama komunitas. Lalu apa perbedaan grup dan komunitas whatsapp?

Sesuai dengan namanya, fitur terbaru komunitas whatsapp ini merupakan tab khusus yang ditambahkan ketika kamu membuka whatsapp yang bertujuan agar pengguna whatsapp bisa lebih mudah dalam mengelola berbagai macam percakapan kelompok dari komunitas miliknya.

Apabila dilihat dari fungsinya, walaupun secara sekilas mirip grup WhatsApp yang sudah ada sejak lama tetapi perlu anda ketahui bahwa kedua fitur ini memiliki perbedaan walaupun keduanya sama-sama berfungsi agar memudahkan pengguna terhubung dengan kelompok komunitas atau grup.

Baca Juga:   Cara Mengetahui Whatsapp di Blokir, Begini Cara Ceknya

Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan antara grup dan komunitas whatsapp sebagai berikut.

Perbedaan antara grup dan komunitas whatsapp

  • Komunitas WhatsApp merupakan gabungan dari beberapa grup hingga 50 grup di satu tempat. Sedangkan Grup WhatsApp sendiri adalah merupakan grup tunggal tempat orang-orang bergabung dalam sebuah percakapan.
  • Komunitas juga mempunyai fitur Announcement Group yang mana akan terbentuk secara otomatis ketika kamu membuatnya untuk mengumumkan informasi penting ke seluruh komunitas sementara Grup WhatsApp hanya bisa mengirim informasi penting kepada anggota grup saja.
  • Seseorang tetap masih bisa menjadi bagian dari Komunitas walaupun telah meninggalkan Grup tertentu yang berada di Komunitas tersebut. Sementara pada Grup WhatsApp, seseorang yang keluar grup tak bisa lagi menjadi bagian grup kecuali ditambahkan kembali oleh admin.
  • Admin Grup WhatsApp harus menyetujui permintaan bergabung untuk bisa bergabung dengan Komunitas. Sementara pada Grup WhatsApp tidak ada permintaan bergabung untuk ditambahkan ke Grup WhatsApp karena admin bisa langsung menambahkan anggota.

Cara membuat Komunitas di WhatsApp

Bagi kamu yang ingin membuat “Komunitas” di WhatsApp berikut langkah-langkahnya.

  • Buka WhatsApp Selanjutnya geser ke kiri hingga muncul tab Komunitas kemudian klik “Mulai Komunitas Anda”.

Perbedaan Grup dan Komunitas WhatsApp

  • Masukkan nama, deskripsi dan foto komunitas kamu.
  • Setelah komunitas dibuat kamu bisa menambahkan grup ke dalamnya.
  • Selanjutnya bisa memilih grup yang ada untuk dimasukkan dalam komunitas atau membuat grup baru.
  • Setelah menambahkan beberapa grup klik ikon centang untuk membuat grup baru.

Sekian informasi mengenai perbedaan grup dan komunitas WhatsApp. Sebagai catatan, fitur baru ini hanya bisa kamu gunakan apabila kamu telah melakukan update whatapp versi terbaru, dimana setelah melakukan update, kamu akan melihat tambahan tab sebelah kiri dengan logo orang sebagai komunitas terbaru kamu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *