Tips  

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi
Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi

Halo Sobat TeknoPulsa, Apakah Kamu Pernah Mengalami Aplikasi Tersembunyi di Smartphone?

Mungkin kamu pernah menemukan aplikasi baru yang terinstal di smartphone kamu tanpa kamu ketahui. Atau mungkin kamu merasa ada aplikasi yang berjalan di latar belakang, namun tidak bisa ditemukan dimana pun di smartphone kamu. Jangan khawatir, artikel ini akan membantu kamu menemukan aplikasi tersembunyi di smartphone kamu agar kamu bisa menghapusnya atau menghentikannya.

Menggunakan Aplikasi Penjelajah File

Cara pertama untuk menemukan aplikasi tersembunyi adalah dengan menggunakan aplikasi penjelajah file. Ada banyak aplikasi penjelajah file yang tersedia di Play Store, seperti ES File Explorer, Solid Explorer, dan sebagainya. Setelah kamu mengunduh salah satu aplikasi tersebut, buka aplikasi tersebut dan cari folder “data”.

Di dalam folder “data”, kamu akan menemukan folder untuk setiap aplikasi yang terinstal di smartphone kamu. Cari folder untuk aplikasi yang kamu curigai tersembunyi. Jika kamu menemukannya, buka folder tersebut dan cari file dengan nama “apk”. Itu adalah file instalasi untuk aplikasi tersebut. Kamu bisa menghapus file tersebut untuk menghapus aplikasi tersembunyi tersebut.

Cari di Pengaturan Aplikasi

Cara kedua untuk menemukan aplikasi tersembunyi adalah dengan mencari di pengaturan aplikasi. Pergi ke “Pengaturan” di smartphone kamu dan cari menu “Aplikasi” atau “Aplikasi Terinstal”. Di dalam menu tersebut, kamu akan menemukan daftar semua aplikasi yang terinstal di smartphone kamu.

Baca Juga:   Cara Share Link YouTube ke Instagram Story

Cari aplikasi yang kamu curigai tersembunyi dan klik aplikasi tersebut. Jika aplikasi tersebut memang tersembunyi, kamu akan melihat bahwa tidak ada informasi tentang aplikasi tersebut, seperti ukuran file dan jumlah pengguna. Kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dari menu ini dengan mengklik “Hapus” atau “Uninstall”.

Cari di Aplikasi Manager

Cara ketiga untuk menemukan aplikasi tersembunyi adalah dengan mencari di Aplikasi Manager. Pergi ke “Pengaturan” di smartphone kamu dan cari menu “Aplikasi Manager” atau “Manajer Aplikasi”. Di dalam menu tersebut, kamu akan menemukan daftar semua aplikasi yang terinstal di smartphone kamu.

Cari aplikasi yang kamu curigai tersembunyi dan klik aplikasi tersebut. Jika aplikasi tersebut memang tersembunyi, kamu akan melihat bahwa tidak ada informasi tentang aplikasi tersebut, seperti ukuran file dan jumlah pengguna. Kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dari menu ini dengan mengklik “Hapus” atau “Uninstall”.

Cari di Aplikasi Antivirus

Cara keempat untuk menemukan aplikasi tersembunyi adalah dengan mencari di aplikasi antivirus. Ada banyak aplikasi antivirus yang tersedia di Play Store, seperti Avast, AVG, dan sebagainya.

Setelah kamu mengunduh salah satu aplikasi tersebut, buka aplikasi tersebut dan cari opsi “Pindai”. Aplikasi antivirus akan memindai semua aplikasi yang terinstal di smartphone kamu dan memberi tahu kamu jika ada aplikasi yang mencurigakan atau berbahaya. Kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dari aplikasi antivirus tersebut.

Gunakan Aplikasi Deteksi Aplikasi Tersembunyi

Cara kelima untuk menemukan aplikasi tersembunyi adalah dengan menggunakan aplikasi deteksi aplikasi tersembunyi. Ada banyak aplikasi deteksi aplikasi tersembunyi yang tersedia di Play Store, seperti Hidden Apps Detector, Hidden Apps Finder, dan sebagainya.

Setelah kamu mengunduh salah satu aplikasi tersebut, buka aplikasi tersebut dan klik opsi “Pindai”. Aplikasi deteksi aplikasi tersembunyi akan memindai semua aplikasi yang terinstal di smartphone kamu dan memberi tahu kamu jika ada aplikasi yang tersembunyi. Kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dari aplikasi deteksi aplikasi tersembunyi tersebut.

Baca Juga:   Cara Mengkoneksikan Laptop ke Wifi

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk menemukan aplikasi tersembunyi di smartphone kamu. Dengan menemukan dan menghapus aplikasi tersembunyi, kamu bisa memaksimalkan ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerja smartphone kamu. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara teratur agar smartphone kamu tetap aman dan optimal.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel TeknoPulsa Menarik Lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *