Tips  

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan
Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan

Halo Sobat TeknoPulsa! Kita semua pasti pernah mengalami situasi ketika aplikasi di ponsel kita tidak berjalan dengan baik. Mungkin aplikasi tersebut terlalu banyak membuka fitur, sehingga membuat ponsel menjadi lemot. Atau mungkin ada aplikasi yang tidak sengaja kita buka dan ingin menghentikannya. Nah, pada artikel kali ini, TeknoPulsa akan membahas tentang cara menghentikan aplikasi berjalan di ponsel kita. Simak yuk!

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Android

Bagi pengguna ponsel Android, menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang sangatlah mudah. Berikut cara-caranya:

1. Dari tombol menu

Ketika Anda membuka aplikasi di ponsel Anda, biasanya akan terdapat tombol menu atau tiga garis horizontal yang terletak di pojok kiri atas. Anda bisa menekan tombol tersebut dan akan muncul pilihan untuk keluar dari aplikasi tersebut.

2. Dari tombol recent apps

Tombol recent apps atau tombol persegi panjang yang terletak di samping tombol home, biasanya digunakan untuk membuka aplikasi yang terakhir dibuka. Namun, tombol ini juga bisa digunakan untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Caranya cukup dengan menekan tombol tersebut dan kemudian swipe atau seret aplikasi yang ingin Anda hentikan ke kiri atau kanan.

3. Dari pengaturan aplikasi

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba untuk menghentikan aplikasi dari pengaturan aplikasi. Caranya adalah dengan membuka pengaturan, kemudian pilih aplikasi dan cari aplikasi yang ingin Anda hentikan. Setelah itu, pilih opsi “stop” atau “force stop”.

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di iOS

Bagi pengguna iPhone atau iPad, menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang juga cukup mudah. Berikut cara-caranya:

Baca Juga:   Cara Membuat Folder di Laptop

1. Dari tombol home

Seperti yang kita tahu, tombol home pada ponsel iPhone dan iPad berguna untuk kembali ke tampilan utama. Namun, tombol ini juga bisa digunakan untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Caranya adalah dengan menekan tombol home dua kali secara cepat, kemudian swipe atau seret aplikasi ke atas untuk menghentikannya.

2. Dari pengaturan aplikasi

Anda juga bisa menghentikan aplikasi dari pengaturan aplikasi di iPhone atau iPad. Caranya adalah dengan membuka pengaturan, kemudian pilih aplikasi dan cari aplikasi yang ingin Anda hentikan. Setelah itu, pilih opsi “force stop” atau “terminate”.

Tips Menghentikan Aplikasi Berjalan

Agar aplikasi di ponsel kita tidak terlalu banyak berjalan di latar belakang, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan. Berikut tipsnya:

1. Tutup aplikasi setelah selesai digunakan

Ketika Anda selesai menggunakan aplikasi, jangan lupa untuk menutupnya dengan benar. Caranya adalah dengan menekan tombol “exit” atau “keluar” jika ada. Jika tidak ada tombol tersebut, Anda bisa menekan tombol home untuk kembali ke tampilan utama.

2. Matikan fitur background refresh

Beberapa aplikasi mungkin akan terus berjalan di latar belakang untuk memperbarui informasi. Anda bisa mematikan fitur tersebut di pengaturan aplikasi agar aplikasi tidak terlalu banyak berjalan di latar belakang.

3. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Jika Anda memiliki banyak aplikasi yang jarang digunakan, sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut. Dengan begitu, ponsel Anda akan lebih lega dan aplikasi yang sering digunakan akan lebih cepat.

Kesimpulan

Menghentikan aplikasi berjalan di ponsel kita sangatlah mudah. Bagi pengguna Android, bisa dilakukan dengan menekan tombol menu, tombol recent apps, atau dari pengaturan aplikasi. Sedangkan bagi pengguna iOS, bisa dilakukan dengan menekan tombol home atau dari pengaturan aplikasi. Agar aplikasi tidak terlalu banyak berjalan di latar belakang, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan seperti menutup aplikasi setelah digunakan, mematikan fitur background refresh, dan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan.

Baca Juga:   Cara Melihat Draft TikTok

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *