Tips  

Cara Mengunci Aplikasi di Laptop agar Lebih Aman dan Privat

Cara Mengunci Aplikasi di Laptop agar Lebih Aman dan Privat
Cara Mengunci Aplikasi di Laptop agar Lebih Aman dan Privat

Halo Sobat TeknoPulsa! Semakin canggih teknologi, semakin banyak aplikasi yang kita gunakan di laptop. Ada aplikasi untuk bekerja, bermain game, berkomunikasi, dan lain-lain. Namun, tidak semua aplikasi perlu dilihat orang lain. Oleh karena itu, kita perlu tahu cara mengunci aplikasi di laptop agar lebih aman dan privat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Sobat TeknoPulsa coba.

1. Menggunakan Fitur Bawaan Windows

Windows memiliki fitur bawaan untuk mengunci aplikasi. Caranya cukup mudah. Pertama, buka aplikasi yang ingin di kunci. Kemudian, tekan tombol “Windows” bersamaan dengan tombol “L”. Aplikasi akan tertutup dan laptop akan terkunci. Jadi, ketika ingin membuka laptop kembali, kita harus memasukkan password atau PIN yang sudah ditentukan sebelumnya. Fitur ini sangat sederhana dan mudah digunakan.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan Windows, ada juga aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi di laptop. Salah satu aplikasi yang bisa Sobat TeknoPulsa coba adalah “AppLocker”. AppLocker adalah aplikasi yang bisa mengunci aplikasi tertentu di laptop. Caranya cukup mudah. Pertama, download dan install aplikasi AppLocker. Kemudian, buka aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin di kunci. Setelah itu, tekan tombol “Lock”. Selesai! Aplikasi yang sudah di kunci akan meminta password atau PIN ketika ingin dibuka.

3. Menggunakan Windows Hello

Windows Hello adalah fitur Windows 10 yang memungkinkan kita untuk membuka laptop dengan wajah atau sidik jari. Namun, fitur ini juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi. Caranya cukup mudah. Pertama, buka aplikasi yang ingin di kunci. Kemudian, tekan tombol “Windows” bersamaan dengan tombol “I” untuk masuk ke menu “Settings”. Setelah itu, pilih “Accounts” dan pilih “Sign-in options”. Aktifkan Windows Hello dan setelah itu, pilih aplikasi yang ingin di kunci. Selesai! Aplikasi yang sudah di kunci hanya bisa dibuka dengan wajah atau sidik jari kita.

Baca Juga:   Cara Download VPN di Laptop

4. Menggunakan Password Manager

Untuk Sobat TeknoPulsa yang memiliki banyak akun dan password, mungkin sulit untuk mengingat semua password tersebut. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan password manager untuk mengunci aplikasi. Salah satu password manager yang bisa Sobat TeknoPulsa coba adalah “LastPass”. LastPass adalah password manager yang bisa mengunci aplikasi tertentu di laptop. Caranya cukup mudah. Pertama, download dan install aplikasi LastPass. Kemudian, buka aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin di kunci. Setelah itu, tekan tombol “Lock”. Selesai! Aplikasi yang sudah di kunci akan meminta password LastPass ketika ingin dibuka.

5. Menggunakan Folder Khusus

Terakhir, Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan folder khusus untuk mengunci aplikasi di laptop. Caranya cukup mudah. Pertama, buat folder baru di laptop. Kemudian, pindahkan aplikasi yang ingin di kunci ke folder tersebut. Setelah itu, klik kanan pada folder dan pilih “Properties”. Di menu “Properties”, pilih “Security” dan klik tombol “Edit”. Setelah itu, pilih “Everyone” dan klik tombol “Remove”. Setelah itu, tambahkan nama kita dan berikan hak akses “Full Control”. Selesai! Aplikasi yang sudah di pindahkan ke folder khusus tersebut hanya bisa dibuka dengan hak akses kita.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengunci aplikasi di laptop agar lebih aman dan privat. Sobat TeknoPulsa bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Sobat TeknoPulsa. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *