Tips  

Cara Reset BIOS Laptop

Cara Reset BIOS Laptop
Cara Reset BIOS Laptop

Salam hangat untuk Sobat TeknoPulsa! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara reset BIOS laptop. BIOS atau Basic Input Output System merupakan sistem yang terletak di dalam motherboard laptop. BIOS berfungsi untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras pada laptop. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu melakukan reset BIOS pada laptop Anda. Berikut adalah cara reset BIOS laptop yang bisa Anda coba.

1. Reset BIOS melalui Jumper

Cara pertama untuk reset BIOS laptop adalah melalui jumper. Jumper merupakan sebuah kabel kecil yang terdapat pada motherboard laptop. Jumper berfungsi untuk menghubungkan dua pin pada motherboard. Untuk melakukan reset BIOS melalui jumper, ikuti langkah-langkah berikut:1. Matikan laptop Anda dan cabut kabel daya.2. Buka casing laptop.3. Cari jumper yang berada di sekitar baterai CMOS pada motherboard laptop.4. Pindahkan jumper tersebut dari posisi normal ke posisi reset selama beberapa detik.5. Kembalikan jumper ke posisi normal.6. Pasang kembali casing laptop.7. Nyalakan laptop Anda dan cek apakah BIOS sudah ter-reset.

2. Reset BIOS melalui Baterai CMOS

Cara kedua untuk reset BIOS laptop adalah melalui baterai CMOS. Baterai CMOS merupakan baterai kecil yang terdapat pada motherboard laptop. Baterai CMOS berfungsi untuk memberikan daya pada BIOS agar tetap menyimpan konfigurasi yang sudah diset. Untuk melakukan reset BIOS melalui baterai CMOS, ikuti langkah-langkah berikut:1. Matikan laptop Anda dan cabut kabel daya.2. Buka casing laptop.3. Cari baterai CMOS pada motherboard laptop.4. Lepaskan baterai CMOS dari slotnya.5. Tunggu beberapa detik.6. Masukkan kembali baterai CMOS ke slotnya.7. Pasang kembali casing laptop.8. Nyalakan laptop Anda dan cek apakah BIOS sudah ter-reset.

Baca Juga:   Cara Membuat Video Reels di Instagram

3. Reset BIOS melalui Jumper dan Baterai CMOS

Cara ketiga untuk reset BIOS laptop adalah melalui jumper dan baterai CMOS. Cara ini lebih kompleks dibandingkan dengan cara sebelumnya, namun bisa mencapai hasil yang lebih maksimal. Untuk melakukan reset BIOS melalui jumper dan baterai CMOS, ikuti langkah-langkah berikut:1. Matikan laptop Anda dan cabut kabel daya.2. Buka casing laptop.3. Cari jumper yang berada di sekitar baterai CMOS pada motherboard laptop.4. Pindahkan jumper tersebut dari posisi normal ke posisi reset selama beberapa detik.5. Lepaskan baterai CMOS dari slotnya.6. Tunggu beberapa detik.7. Masukkan kembali baterai CMOS ke slotnya.8. Kembalikan jumper ke posisi normal.9. Pasang kembali casing laptop.10. Nyalakan laptop Anda dan cek apakah BIOS sudah ter-reset.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara reset BIOS laptop yang bisa Sobat TeknoPulsa coba. Jangan lupa untuk melakukan backup konfigurasi BIOS sebelum melakukan reset BIOS. Selain itu, pastikan Anda melakukan reset BIOS dengan hati-hati agar tidak merusak motherboard atau komponen laptop lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat TeknoPulsa. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *