Tips  

Cara Membuat Foto Aesthetic di Instagram

Cara Membuat Foto Aesthetic di Instagram
Cara Membuat Foto Aesthetic di Instagram

Halo Sobat TeknoPulsa! Siapa yang tidak ingin memiliki feed Instagram yang estetik? Salah satu cara untuk membuat feed Instagram menjadi estetik adalah dengan membuat foto-foto yang estetik. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat foto aesthetic di Instagram.

1. Pilih Tema

Sebelum mulai mengambil foto, pilihlah tema yang ingin diusung pada feed Instagram Anda. Tema yang estetik dapat berupa tema warna, tema objek, dan lain-lain. Tentukan tema yang ingin diusung dan sesuaikan dengan gaya Anda.

2. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk membuat foto yang estetik. Gunakan cahaya alami untuk hasil yang terbaik. Hindari penggunaan lampu sorot yang terlalu terang atau terlalu gelap untuk menghindari hasil yang buruk.

3. Gunakan Aplikasi Edit Foto

Setelah mengambil foto, gunakan aplikasi edit foto untuk memperbaiki tampilan foto. Beberapa aplikasi edit foto yang bisa digunakan seperti VSCO, Snapseed, dan Lightroom. Gunakan filter yang sesuai dengan tema yang dipilih dan jangan terlalu banyak mengedit foto agar tetap terlihat natural.

4. Perhatikan Komposisi Foto

Perhatikan komposisi foto agar terlihat estetik dan menarik. Gunakan teknik rule of thirds dengan membagi foto menjadi tiga bagian dan letakkan objek pada salah satu bagian tersebut. Jangan lupa juga untuk memperhatikan background dan jangan biarkan background yang tidak teratur mengganggu fokus pada objek foto.

Baca Juga:   Cara Mencabut Flashdisk dari Laptop

5. Gunakan Props

Props seperti bunga, buku, dan aksesori lainnya dapat digunakan untuk membuat foto lebih estetik. Props yang digunakan harus sesuai dengan tema yang dipilih agar tidak membuat foto terlihat berantakan.

6. Gunakan Kamera yang Bagus

Gunakan kamera yang bagus untuk mengambil foto yang berkualitas. Kamera pada smartphone saat ini sudah cukup bagus untuk mengambil foto yang estetik. Namun, jika ingin hasil yang lebih baik, gunakan kamera DSLR atau mirrorless.

7. Gunakan Mode Portrait

Mode portrait pada kamera smartphone dapat digunakan untuk menghasilkan foto yang estetik dengan latar belakang blur. Mode ini sangat cocok untuk mengambil foto potret atau objek yang ingin di-highlight.

8. Gunakan Teknik Symmetry

Teknik symmetry dapat digunakan untuk membuat foto yang simetris dan terlihat estetik. Caranya dengan membagi foto menjadi dua bagian yang sama dan letakkan objek di tengah-tengah.

9. Perhatikan Warna

Warna yang dipilih harus sesuai dengan tema yang dipilih. Pilihlah warna yang kontras untuk membuat foto terlihat lebih menarik. Namun, jangan terlalu banyak warna agar tidak terlihat berantakan.

10. Gunakan Jarak Dekat

Gunakan jarak dekat untuk mengambil foto objek agar terlihat lebih detail dan menarik. Teknik ini dapat digunakan untuk mengambil foto makanan atau benda-benda kecil.

11. Gunakan Perspektif yang Berbeda

Gunakan perspektif yang berbeda untuk mengambil foto agar terlihat lebih menarik. Coba ambil foto dari sudut yang berbeda atau dari ketinggian yang berbeda untuk hasil yang lebih unik.

12. Gunakan Proporsi yang Benar

Perhatikan proporsi objek pada foto agar terlihat estetik. Jangan biarkan objek terlihat terlalu besar atau terlalu kecil. Proporsi yang benar dapat membuat foto terlihat lebih seimbang dan enak dipandang.

Baca Juga:   Cara Memilih Laptop yang Bagus

13. Gunakan Kesan Alamiah

Gunakan kesan alamiah untuk mengambil foto agar terlihat lebih natural dan estetik. Hindari penggunaan filter yang terlalu kuat atau terlalu cerah agar tetap terlihat natural.

14. Gunakan Teknik Reflection

Teknik reflection dapat digunakan untuk membuat foto yang estetik. Caranya dengan memanfaatkan pantulan air atau cermin untuk menghasilkan foto yang simetris.

15. Perhatikan Fokus

Perhatikan fokus pada objek foto agar terlihat jelas dan tajam. Gunakan teknik focus stacking untuk menghasilkan foto yang lebih tajam dan detail.

16. Gunakan Teknik Bokeh

Teknik bokeh dapat digunakan untuk membuat foto yang estetik dengan latar belakang blur. Gunakan aperture yang besar untuk menghasilkan efek bokeh yang lebih kuat.

17. Gunakan Teknik Long Exposure

Teknik long exposure dapat digunakan untuk menghasilkan foto yang estetik dengan efek gerakan. Caranya dengan memanfaatkan pengaturan shutter speed untuk menghasilkan efek gerakan pada objek.

18. Gunakan Teknik Panning

Teknik panning dapat digunakan untuk menghasilkan foto yang estetik dengan efek gerakan. Caranya dengan memanfaatkan pengaturan shutter speed dan memindahkan kamera pada arah yang sama dengan gerakan objek.

19. Gunakan Teknik Macro

Teknik macro dapat digunakan untuk mengambil foto objek yang sangat kecil dengan detail yang tinggi. Gunakan lensa macro untuk hasil yang terbaik.

20. Berlatih Terus Menerus

Terakhir, berlatihlah terus menerus untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Semakin sering berlatih, semakin baik hasil foto yang dihasilkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips untuk membuat foto aesthetic di Instagram. Dengan mengikuti tips di atas, dijamin feed Instagram Anda akan terlihat lebih estetik dan menarik. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Baca Juga:   Cara Masukan Kode di TikTok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *