Tips  

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop
Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu pernah mengalami kejadian tidak sengaja menghapus aplikasi penting di laptop kamu? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak orang mengalami hal yang sama. Tapi, bagaimana cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop? Simak ulasan berikut ini.

1. Gunakan Recycle Bin

Jangan panik ketika menemukan aplikasi yang hilang dari desktop kamu. Coba periksa terlebih dahulu Recycle Bin di desktop kamu. Recycle Bin adalah tempat sampah di mana file yang dihapus akan masuk ke situ. Kamu bisa mencarinya di sana dan mengembalikannya dengan mudah. Caranya cukup dengan klik kanan pada file aplikasi yang hilang, kemudian pilih ‘Restore’.

2. Cari di File Explorer

Jika aplikasi yang hilang tidak ada di Recycle Bin, coba cari di File Explorer. Caranya cukup mudah, buka File Explorer, lalu klik kanan pada folder ‘This PC’ atau ‘My Computer’. Setelah itu, klik pada tab ‘Search’. Kamu bisa mencari aplikasi yang hilang dengan mengetikkan nama aplikasi dalam kolom pencarian. Jika aplikasi tersebut ditemukan, klik kanan pada file aplikasi dan pilih ‘Restore’.

3. Gunakan Fitur System Restore

Jika cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan fitur System Restore. Fitur ini bisa mengembalikan sistem operasi Windows ke waktu tertentu sebelum aplikasi terhapus. Caranya cukup mudah, buka ‘Control Panel’, lalu pilih ‘System and Security’. Setelah itu, klik pada ‘System Restore’ dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar.

4. Gunakan Program Recovery

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa menggunakan program recovery. Ada banyak program recovery yang bisa kamu gunakan, seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa program recovery tidak selalu berhasil mengembalikan file yang terhapus dengan sempurna.

Baca Juga:   Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di iPhone

5. Gunakan Fitur Undelete

Jika kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa menggunakan fitur Undelete. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Caranya cukup mudah, buka File Explorer, lalu klik pada folder ‘This PC’ atau ‘My Computer’. Setelah itu, klik pada tab ‘Search’. Kamu bisa mencari aplikasi yang hilang dengan mengetikkan nama aplikasi dalam kolom pencarian. Jika aplikasi tersebut ditemukan, klik kanan pada file aplikasi dan pilih ‘Restore’.

6. Gunakan Fitur File History

Jika kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa menggunakan fitur File History. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Caranya cukup mudah, buka ‘Control Panel’, lalu pilih ‘File History’. Setelah itu, klik pada ‘Restore Personal Files’ dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar.

7. Cari di Temp Folder

Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba cari di Temp Folder. Temp Folder adalah folder penyimpanan sementara yang digunakan oleh sistem operasi Windows. Aplikasi yang hilang mungkin saja disimpan di folder ini. Untuk mencari Temp Folder, buka File Explorer, lalu ketikkan ‘%temp%’ pada kolom pencarian. Jika aplikasi yang hilang ditemukan, klik kanan pada file aplikasi dan pilih ‘Restore’.

8. Cari di Folder Installasi Aplikasi

Jika aplikasi yang hilang adalah aplikasi yang diinstal, coba cari di folder instalasi aplikasi tersebut. Setiap aplikasi memiliki folder instalasi tersendiri di dalam folder ‘Program Files’ atau ‘Program Files (x86)’. Kamu bisa mencari folder instalasi aplikasi tersebut dan mencari file yang hilang. Jika file tersebut ditemukan, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah.

9. Gunakan Fitur Backup

Jika kamu memiliki backup data, kamu bisa mengembalikan aplikasi yang hilang dengan mudah. Kamu bisa memulihkan data dari backup yang kamu buat sebelumnya. Caranya cukup mudah, buka ‘Control Panel’, lalu pilih ‘Backup and Restore’. Setelah itu, klik pada ‘Restore My Files’ dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar.

Baca Juga:   Cara Mengunci Pulsa Indosat di Aplikasi MyIM3

10. Gunakan Fitur OneDrive

Jika kamu menggunakan OneDrive, kamu bisa mengembalikan aplikasi yang hilang dengan mudah. OneDrive adalah layanan penyimpanan awan yang disediakan oleh Microsoft. Kamu bisa mengakses file yang disimpan di OneDrive dari mana saja dan kapan saja. Jika aplikasi yang hilang disimpan di OneDrive, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah.

11. Cari di Trash Folder

Jika kamu menggunakan Mac, coba periksa Trash Folder. Trash Folder adalah tempat sampah di mana file yang dihapus akan masuk ke situ. Kamu bisa mencarinya di sana dan mengembalikannya dengan mudah. Caranya cukup dengan klik kanan pada file aplikasi yang hilang, kemudian pilih ‘Restore’.

12. Gunakan Time Machine

Jika kamu menggunakan Mac, kamu bisa menggunakan Time Machine. Time Machine adalah fitur backup yang disediakan oleh Mac. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memulihkan data dari backup yang kamu buat sebelumnya. Caranya cukup mudah, buka Time Machine, lalu pilih backup yang kamu inginkan dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar.

13. Gunakan Program Recovery untuk Mac

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa menggunakan program recovery untuk Mac. Ada banyak program recovery yang bisa kamu gunakan, seperti Disk Drill, EaseUS Data Recovery Wizard, dan sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa program recovery tidak selalu berhasil mengembalikan file yang terhapus dengan sempurna.

14. Cari di Time Capsule

Jika kamu menggunakan Time Capsule, kamu bisa mencari aplikasi yang hilang di Time Capsule. Time Capsule adalah perangkat yang digunakan untuk backup data di Mac. Kamu bisa mengakses file yang disimpan di Time Capsule dari mana saja dan kapan saja. Jika aplikasi yang hilang disimpan di Time Capsule, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah.

15. Cari di Time Machine Backup

Jika aplikasi yang hilang adalah aplikasi yang diinstal, kamu bisa mencari di Time Machine Backup. Time Machine Backup adalah backup data yang disediakan oleh Mac. Kamu bisa memulihkan data dari backup yang kamu buat sebelumnya. Caranya cukup mudah, buka Time Machine, lalu pilih backup yang kamu inginkan dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar.

16. Gunakan Fitur Time Machine Restore

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa menggunakan fitur Time Machine Restore. Fitur ini bisa mengembalikan sistem operasi Mac ke waktu tertentu sebelum aplikasi terhapus. Caranya cukup mudah, buka Time Machine, lalu pilih backup yang kamu inginkan dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar.

Baca Juga:   Cara Menghubungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel

17. Gunakan Fitur Spotlight

Jika aplikasi yang hilang tidak ada di Trash Folder atau Time Machine, coba gunakan fitur Spotlight. Spotlight adalah fitur pencarian di Mac yang memungkinkan kamu untuk mencari file yang hilang. Caranya cukup mudah, tekan tombol ‘Cmd + Space’, lalu ketikkan nama aplikasi dalam kolom pencarian. Jika aplikasi tersebut ditemukan, klik kanan pada file aplikasi dan pilih ‘Restore’.

18. Gunakan Fitur Time Machine Migration

Jika kamu ingin mengembalikan seluruh sistem operasi Mac ke waktu tertentu sebelum aplikasi terhapus, kamu bisa menggunakan fitur Time Machine Migration. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memulihkan seluruh sistem operasi Mac dari backup yang kamu buat sebelumnya. Caranya cukup mudah, buka Time Machine, lalu pilih backup yang kamu inginkan dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar.

19. Cari di Folder Installasi Aplikasi

Jika aplikasi yang hilang adalah aplikasi yang diinstal, coba cari di folder instalasi aplikasi tersebut. Setiap aplikasi memiliki folder instalasi tersendiri di dalam folder ‘Applications’. Kamu bisa mencari folder instalasi aplikasi tersebut dan mencari file yang hilang. Jika file tersebut ditemukan, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah.

20. Gunakan Fitur iCloud

Jika kamu menggunakan iCloud, kamu bisa mengembalikan aplikasi yang hilang dengan mudah. iCloud adalah layanan penyimpanan awan yang disediakan oleh Apple. Kamu bisa mengakses file yang disimpan di iCloud dari mana saja dan kapan saja. Jika aplikasi yang hilang disimpan di iCloud, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop. Jangan panik jika aplikasi penting kamu hilang. Coba periksa Recycle Bin atau File Explorer terlebih dahulu. Jika tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan fitur System Restore, program recovery, atau fitur backup. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *