Tips  

Cara Mengetahui Type Laptop

Cara Mengetahui Type Laptop
Cara Mengetahui Type Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam mengetahui tipe laptop yang kamu gunakan? Hal ini sering terjadi pada banyak orang, terutama bagi mereka yang tidak terlalu paham tentang dunia teknologi.

Namun, tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini, saya akan memberikan tips dan trik tentang cara mengetahui type laptop dengan mudah dan cepat. Simak terus artikel ini ya!

1. Cek pada Stiker di Bagian Bawah Laptop

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui tipe laptop adalah dengan memeriksa stiker yang terletak di bagian bawah laptop. Pada stiker tersebut biasanya terdapat informasi tentang spesifikasi laptop termasuk tipe laptop yang kamu miliki.

Stiker tersebut biasanya terletak di bawah laptop dan terdapat beberapa informasi seperti brand, model, seri, dan nomor seri laptop. Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada bagian model atau seri yang tertera pada stiker tersebut.

2. Cek pada BIOS

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa informasi pada BIOS. BIOS adalah program yang terdapat pada laptop yang mengatur perangkat keras dan perangkat lunak. Kamu dapat mengakses BIOS dengan menekan tombol tertentu saat laptop dihidupkan.

Setelah masuk ke BIOS, kamu dapat mencari informasi tentang tipe laptop pada menu System Information atau System Summary. Pada menu tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, dan seri laptop yang kamu miliki.

3. Cek pada Device Manager

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa informasi pada Device Manager. Device Manager adalah program yang terdapat pada laptop yang mengatur perangkat keras yang terpasang pada laptop.

Kamu dapat mengakses Device Manager dengan menekan tombol Windows + X dan memilih Device Manager. Setelah masuk ke Device Manager, kamu dapat mencari informasi tentang tipe laptop pada menu System Devices atau Portable Devices. Pada menu tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, dan seri laptop yang kamu miliki.

Baca Juga:   Cara Melihat Email Instagram

4. Cek pada Situs Resmi Brand Laptop

Cara keempat yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari informasi pada situs resmi brand laptop yang kamu gunakan. Setiap brand laptop biasanya memiliki situs resmi yang menyediakan informasi terkait produk mereka.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada menu Support atau Product di situs resmi tersebut. Pada menu tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, dan seri laptop yang kamu miliki.

5. Cek pada Software PC Information

Cara kelima yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan software PC Information. Software ini dapat membantu kamu untuk mengetahui informasi tentang spesifikasi laptop termasuk tipe laptop yang kamu miliki.

Beberapa software PC Information yang dapat kamu gunakan antara lain CPU-Z, Speccy, atau HWiNFO. Kamu dapat mengunduh software tersebut secara gratis melalui internet dan menginstalnya pada laptop kamu.

6. Cek pada Label di Dus Laptop

Cara keenam yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa label yang terdapat di dalam dus laptop. Pada label tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, seri, dan nomor seri laptop.

Jika kamu masih menyimpan dus laptop, kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada label yang terdapat di dalam dus tersebut.

7. Cek pada Software System Information

Cara ketujuh yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan software System Information. Software ini dapat membantu kamu untuk mengetahui informasi tentang spesifikasi laptop termasuk tipe laptop yang kamu miliki.

Beberapa software System Information yang dapat kamu gunakan antara lain AIDA64, SIW, atau Belarc Advisor. Kamu dapat mengunduh software tersebut secara gratis melalui internet dan menginstalnya pada laptop kamu.

8. Cek pada Layar Welcome Screen

Cara kedelapan yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa informasi yang terdapat pada layar welcome screen. Layar welcome screen adalah tampilan awal yang muncul saat laptop kamu dihidupkan.

Jika kamu memperhatikan dengan seksama, pada layar welcome screen biasanya terdapat informasi tentang brand dan model laptop yang kamu miliki. Kamu dapat mencatat informasi tersebut untuk mengetahui tipe laptop kamu.

9. Cek pada Kartu Garansi Laptop

Cara kesembilan yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa kartu garansi laptop. Pada kartu garansi tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, dan seri laptop yang kamu miliki.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada kartu garansi yang kamu miliki. Jika kamu tidak memiliki kartu garansi, kamu dapat mencari informasi tersebut pada stiker garansi yang terdapat pada laptop kamu.

Baca Juga:   Cara Mengaktifkan Mouse di Laptop

10. Cek pada Stiker di Bagian Atas Keyboard

Cara kesepuluh yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa stiker yang terletak di bagian atas keyboard. Pada stiker tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, seri, dan nomor seri laptop.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada bagian model atau seri yang tertera pada stiker tersebut. Stiker tersebut biasanya terletak di dekat tombol power atau pada bagian atas keyboard.

11. Cek pada Stiker di Bagian Samping Laptop

Cara kesebelas yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa stiker yang terletak di bagian samping laptop. Pada stiker tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, seri, dan nomor seri laptop.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada bagian model atau seri yang tertera pada stiker tersebut. Stiker tersebut biasanya terletak di samping port USB atau port HDMI pada laptop kamu.

12. Cek pada Stiker di Bagian Belakang Laptop

Cara keduabelas yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa stiker yang terletak di bagian belakang laptop. Pada stiker tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, seri, dan nomor seri laptop.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada bagian model atau seri yang tertera pada stiker tersebut. Stiker tersebut biasanya terletak di belakang laptop dekat baterai atau port charger laptop kamu.

13. Cek pada Stiker di Bagian Bawah Keyboard

Cara ketigabelas yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa stiker yang terletak di bagian bawah keyboard. Pada stiker tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, seri, dan nomor seri laptop.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada bagian model atau seri yang tertera pada stiker tersebut. Stiker tersebut biasanya terletak di bawah keyboard laptop kamu.

14. Cek pada Stiker di Bagian Samping Keyboard

Cara keempatbelas yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa stiker yang terletak di bagian samping keyboard. Pada stiker tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, seri, dan nomor seri laptop.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada bagian model atau seri yang tertera pada stiker tersebut. Stiker tersebut biasanya terletak di samping keyboard pada laptop kamu.

15. Cek pada Manual Book Laptop

Cara kelimabelas yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa manual book laptop. Manual book laptop biasanya berisi informasi tentang spesifikasi laptop termasuk tipe laptop yang kamu miliki.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada manual book yang kamu miliki. Jika kamu tidak memiliki manual book, kamu dapat mencari informasi tersebut pada situs resmi brand laptop yang kamu gunakan.

Baca Juga:   Cara Menambah Followers Instagram Gratis

16. Cek pada Sistem Operasi

Cara keenambelas yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa informasi pada sistem operasi laptop. Sistem operasi adalah program yang terdapat pada laptop yang mengatur perangkat lunak dan menjalankan aplikasi.

Kamu dapat mencari informasi tentang tipe laptop pada menu System Properties yang terdapat pada Control Panel. Pada menu tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, dan seri laptop yang kamu miliki.

17. Cek pada Informasi Pembelian

Cara ketujuhbelas yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa informasi pembelian laptop. Informasi pembelian bisa saja berisi informasi tentang tipe laptop yang kamu miliki.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada nota pembelian atau faktur pembelian laptop kamu. Jika kamu tidak memiliki informasi pembelian, kamu dapat mencari informasi tersebut pada situs resmi brand laptop yang kamu gunakan.

18. Cek pada Situs Informasi Teknologi

Cara kedelapanbelas yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari informasi pada situs informasi teknologi. Terdapat banyak situs informasi teknologi yang menyediakan informasi tentang spesifikasi laptop termasuk tipe laptop yang kamu miliki.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada situs teknologi seperti CNET, TechRadar, atau Engadget. Pada situs tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, dan seri laptop yang kamu miliki.

19. Cek pada Situs E-Commerce

Cara kesembilanbelas yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari informasi pada situs e-commerce. Situs e-commerce seperti Lazada atau Tokopedia biasanya menyediakan informasi tentang spesifikasi laptop termasuk tipe laptop yang kamu miliki.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada halaman produk laptop yang kamu miliki di situs e-commerce tersebut. Pada halaman produk tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, dan seri laptop yang kamu miliki.

20. Cek pada Forum Diskusi

Cara kedua puluh yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari informasi pada forum diskusi. Terdapat banyak forum diskusi yang membahas tentang laptop termasuk tipe laptop yang kamu miliki.

Kamu dapat mencari informasi tipe laptop pada forum diskusi seperti Kaskus atau Reddit. Pada forum tersebut biasanya terdapat informasi tentang brand, model, dan seri laptop yang kamu miliki.

Kesimpulan

Nah, itulah 20 cara mengetahui tipe laptop dengan mudah dan cepat. Kamu dapat mencoba salah satu cara yang telah dijelaskan di atas untuk mengetahui tipe laptop yang kamu miliki.

Hal ini sangat penting untuk mengetahui spesifikasi laptop kamu sehingga kamu dapat memilih aplikasi atau game yang sesuai dengan kapasitas laptop kamu.

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *